Senin, 15 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



‘Motabi Kambungu’ Bermanfaat Bagi Masyarakat

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 18 Juli 2022 | 22:05 Tag: ,
  Sekwan Gorontalo Utara, Fahrudin Lasulika bersama staf sekretariat, tengah berbincang dengan masyarakat nelayan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Program Motabi Kambungu dinilai sangat membantu masyarakat, terutama untuk proses pelayanan pemerintah daerah, apalagi mereka yang jauh dari pusat pemerintahan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Gorontalo Utara (Gorut), Fahrudin Lasulika saat berbincang dengan awak media ini usai mengikuti kegiatan Motabi Kambungu di Kecamatan Tolinggula. 

“Program Motabi Kambungu harus diperkuat, karena sangat membantu masyarakat di dalam proses pelayanan yang dipusatkan di kecamatan,” ungkapnya.

Penilaian manfaat atas program Motabi Kambungu tersebut menurut Rudi (sapaan akrabnya, red) bukan atas penilaiannya sendiri, namun itu berdasarkan atas penilaian masyarakat sendiri yang didengarnya langsung saat berbincang dengan masyarakat di sela-sela pelaksanaan program Motabi Kambungu di Kecamatan Tolinggula selama 2 hari pada pekan kemarin. 

“Dari beberapa dialog dengan masyarakat bahwa dengan adanya Motabi Kambungu maka segala pelayanan terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan mudah dan meringankan masyarakat,” kata Rudi.

Apalagi kata Rudi bagi masyarakat Tolinggula yang dari letaknya sangat jauh dari pusat pemerintahan, karena merupakan daerah paling ujung bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Sehingga ketika pelayanan pemerintah kabupaten dipindahkan ke kecamatan maka dari sisi waktu akan lebih singkat dan begitu juga dari sisi biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit. 

“Bagi masyarakat Tolinggula, bila harus mengurusnya sampai ke Ibukota Kabupaten akan banyak mengeluarkan biaya. Dengan diadakannya pelayanan langsung di kecamatan, masyarakat sangat gembira. Masyarakat berterima kasih kepada bupati dan mendukung kegiatan Motabi Kambungu dan berharap agar  program kegiatan ini bisa dapat terus berkelanjutan,” tegasnya.

Sekretariat Dewan (Setwan) Gorontalo Utara sendiri pada kesempatan tersebut berencana menggelar beberapa kegiatan seperti Sosialisasi Proses Pembentukan Peraturan Daerah, Membuka Posko Pengaduan dan Supervisi Pokok-pokok Pikiran DPRD. 

“Akan tetapi yang baru dapat dilaksanakan hanya kegiatan Supervisi Pokok-pokok Pikiran DPRD,” kata Rudi.

Kegiatan tersebut kata Rudi bertujuan untuk  melihat sejauh mana usulan-usulan lewat Pokok Pikiran (Pokir) DPRD tersebut bermanfaat bagi masyarakat. 

“Serta Pokir juga dapat menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat di setiap kecamatan” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar