Mulai Hari Ini, Google News Initiative Latih 27 Jurnalis Gorontalo

Gorontalo Indonesia 99 Kata

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 27 orang jurnalis Gorontalo akan mengikuti pelatihan dari Google News Initiative (GNI) yang bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) serta Internews. Pelatihan itu sendiri tidak lain untuk menggembleng para jurnalis guna menangkal berita palsu atau hoax yang banyak beredar di media sosial dan internet.

Kegiatan yang bertajuk Google News Initiative Training Network yang digagas oleh Aliansi Media Siber Indonesia (AMSI) Gorontalo tersebut, rencananya akan dilaksanakan di Café Uslap, Kota Gorontalo selama dua hari, yakni mulai (hari ini) Sabtu hingga Ahad, 23-24 November 2019.

banner 728x485

Dalam jangka waktu dua hari tersebut, training google akan membahas misinformasi hingga menganalisis sumber konten digital dengan menggunakan tool yang ada di internet. Keduanya akan menggembleng 27 jurnalis Gorontalo agar lebih lihai dalam menganalisis jejak dan keaslian sumber digital.

“Dengan bekal keahlian pelacakan digital tersebut, diharapkan jurnalis bisa memerangi misinformasi dan disinformasi,” kata Lukman Polimengo, selaku penanggung jawab kegiatan.

Ditambahkan pula, saat ini Indonesia memiliki pengguna internet yang cukup tinggi angkanya. Namun sayang hal tersebut tidak dibarengi dengan literasi. Setelah pelatihan tersebut, tugas jurnalis untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Ini penting bagi jurnalis, agar saat menerima informasi tidak langsung secepatnya membuat jadi berita dan menyebarkannya, namun melakukan verifikasi dan cek fakta,” ujar Lukman.

Dirinya juga menambahkan, literasi terhadap cek fakta itu menjadi sangat penting bagi jurnalis.

“Literasi ini penting, karena kita wartawan melawan netizen di media sosial yang begitu masif menyebarkan informasi tanpa bisa kita halangi. Tugas kita memverifikasi informasi tersebut sebelum jadi berita,” pungkasnya. (magang/ajeng/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *