Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mulai Rusak, Jembatan Rumbia Perlu Perhatian

Oleh Fajriansyach , dalam Metropolis , pada Rabu, 6 September 2017 | 12:25 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id BOTUMOITO – Warga Desa Rumbia Kecamatan Botumoito meminta kepada pemerintah daerah agar memperhatikan kondisi jembatan yang ada di desanya. Pasalnya, jembatan tersebut hampir roboh dan dapat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Pantauan Gorontalo Post di lokasi jembatan berusia puluhan tahun itu tampak mengalami kubangan yang kian hari makin membesar. Kondisi itu akibat sedimentasi tepat di bagian bawah jembatan tersebut.

BACA  Disuplai dari Ternate, Pemasok Merkuri ke Gorontalo Diciduk

Kini warga setempat  terpaksa memberi tanda yang di patok di sisi  kubangan. Tujuannya agar pengguna jalan khususnya yang menggunakan kendaraan bermotor sudah bisa mengetahui  posisi kubangan ini dari jarak jauh, sekaligus untuk meningkatkan kewaspadaan.

Salah seorang warga setempat, Ipul Rahman (33) mengaku, kalau kubangan itu disebabkan muara sungai sering kali meluap dan menghantam tebing  jembatan. “Karena arus sangat deras sehingga tanggul menjadi tumpuan jembatan jadi sasaran hantaman arus dan mengalami pengikisan. Ini  menyebabkan aspal retak dan berlubang yang dikhawatirkan jembatan roboh,” beber Rahman.

BACA  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Petinggi Jamaah Islamiyah di Lebak

Dia pun berharap kerusakan infrastruktur jembatan dapat mungkin diperbaiki pemerintah melalui Dinas teknis. Menyusul jembatan tersebut satu-satunya jalur penghubung bagi ratusan kepala keluarga Desa Rumbia. “Jembatan ini sangat bermanfaat bagi warga karena jadi urat nadi ekonomi warga. Selain menghubungkan jalur jalan trans Sulawesi
juga menjadi akses menuju pasar mingguan,” tandasnya.(nrt/hg)

BACA  Gara-Gara Virus Corona, Seorang Ayah Tega Bunuh Anaknya

Komentar