Monday, 26 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Muncul Ide, Pembangunan Jalan Ponelo Libatkan Masyarakat Lokal

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Wednesday, 14 July 2021 | 09:05 AM Tags: ,
  Anggota DPRD Gorut, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Pembangunan jalan di Ponelo Kepulauan diusul agar melibatkan masyarakat lokal. Ide ini dilontarkan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail, dengan harapan melibatkan sesuai kebutuhannya.

Gustam Ismail menjelaskan, dalam proses pengerjaan jalan yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, yang pertama membutuhkan transportasi berupa perahu sebagai alat untuk mobilisasi. 

“Kalau untuk mobilisasi alat berat tentu membutuhkan jenis perahu yang besar juga, namun untuk mobilisasi bahan lainnya tentu dapat menggunakan jenis perahu yang biasa digunakan sebagai alat transportasi harian masyarakat,” ungkap Gustam Ismail.

Banyak perahu masyarakat yang digunakan sebagai taxi air yang dapat dimanfaatkan dalam mengangkut bahan bangunan baik itu semen, kerikil, atau jenis bahan lainnya. 

“Masyarakat Ponelo Kepulauan tentu siap untuk bekerja sama ketika dibutuhkan dalam proses pembangunan jalan yang selama ini telah dinantikan,” jelasnya.

Selain itu juga, ada kemudahan lainnya ketika memanfaatkan tenaga lokal dalam membantu pelaksanaan pekerjaan jalan tersebut. 

“Dari sisi pengalaman dengan kondisi sekitar, tentu masyarakat yang lebih mengetahui, begitu juga dengan perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi proses mobilisasi bahan tentu dapat dibantu oleh masyarakat,” kata Gustam Ismail.

Disisi lain, dengan memanfaatkan masyarakat lokal, tentu akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

“Jika memang dibutuhkan dan dimanfaatkan, maka masyarakat lokal dari sisi pendapatan tentu akan mengalami kenaikan pendapatan dengan perahu mereka dimanfaatkan untuk mobilisasi bahan bangunan tersebut,” tegasnya.

Namun pada intinya, kata Gustam Ismail, pihaknya berharap agar masyarakat lokal dapat dimanfaatkan dan dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan jalan tersebut. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar