Minggu, 12 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Musim Hujan Tiba, Sungai Mulai Dipenuhi Sampah

Oleh Berita Hargo , dalam Kota Gorontalo , pada Rabu, 9 Oktober 2019 | 00:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemandangan tak elok tampak dari atas sebuah jembatan di Kelurahan Biawu, Kota Selatan, Kota Gorontalo, Senin (10/07/2019). Sampah yang didominasi ranting pohon dan plastik menumpuk dan tersangkut di tiang penyanggah jembatan.

Tumpukan sampah itu dinilai bisa menyumbat air ketika musim hujan dan berakibat banjir. Warga sekitar lokasi mengakui sungai sudah lama tak dibersihkan. Kesadaran warga untuk menjaga lingkungan masih minim.

BACA  Kota Gorontalo Longsor, Tiga Warga Tertimbun

“Sampah di sini bukan hanya warga sekitar jembatan, tetapi merupakan sampah dari atas yang dibawa arus. Enak kalau orang hanya kontrak rumah, kalau kami yang merupakan penghuni tetap di pinggir sungai bisa berbahaya. Kalau kami di sini sudah tidak buang sampah di sungai,” ujar Nini (50) warga Biawu.

BACA  Tiga Kecamatan di Kota Gorontalo Kembali Dilanda Banjir, 2.674 Warga Mengungsi

Krisis sampah di Kota Gorontalo terlihat begitu akut. Selain kurangnya sumber daya lingkungan, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan rendah. Namun, masyarakat mengakui mereka tak ingin membuang sampah disungai, karena kurangnya tempat pembuangan sampah di sekitar lokasi pemukiman.

“Mau buang sampah jauh, harus naik motor cari TPS. Coba pemerintah sediakan TPS disini. Padahal daerah ini padat penduduk,” ujar Tono (33).

BACA  Banjir Kembali Mengintai, Warga Biawu dan Biawao Mulai Cemas

Kondisi air yang terbilang masih sedikit memang tak menjadi perhatian warga dan pemerintah. Namun, jika memasuki musim penghujan, sampah bisa menyumbat saluran air tersebut. Masalah banjir di Kota Gorontalo bagaikan bom waktu, setiap warga selalu siap sedia ketika memasuki musim hujan. (gp/hg)


Komentar