Selasa, 16 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Musim Panen Berakhir, Harga Tomat Melonjak 

Oleh Admin Hargo , dalam Ekonomi , pada Minggu, 26 Juni 2022 | 00:05 Tag: ,
  Aktivitas jual beli pada salah satu pasar di Kota Gorontalo. (Foto Fitriani Nadiman)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gara-gara musim panen telah berakhir, kini harga tomat melonjak. Ini berlangsung sejak beberapa pekan terakhir, yang mana harga tomat naik dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram. 

“Harga sempat turun, namun naik lagi. Ini dipicu berakhirnya masa panen dan menyebabkan kurangnya stok yang tersedia yang mempengaruhi harga melonjak,” kata Gilber, salah seorang pedagang tomat di Pasar Sentral, Sabtu (25/06/2022).

Ditambahkan, saat ini bahkan belum menunjukan adanya penurunan harga. Ini juga dipengaruhi cuaca ekstrim sehingga panen tomat mungkin terganggu dan membuat pedagang kekurangan stok tomat .

Hal yang sama diungkapkan Safian, juga seorang pedagang. Menurutnya, harga tomat sebelumnya untuk satu kantong plastik Rp 100 ribu. Namun saat ini harga tomat untuk satu kantong besar mencapai Rp 120 ribu.  

“Ini tak ada pengaruhnya dengan jelang Idul Adha. Alasannya, harga sudah naik sejak bulan lalu secara pelan-pelan. Imbas dari kenaikan harga ini membuat daya beli masyarakat ikut menurun,” katanya. (***)

 

Penulis: Fitriani Nadiman dan Wulandari Mustapa / Mahasiswa Magang UNG

(Visited 69 times, 1 visits today)

Komentar