Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Musrenbang RKPD di Tilango, Prioritaskan Kesejahteraan Rakyat

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Senin, 22 Februari 2021 | 19:05 Tag: ,
  Plh. Bupati Gorontalo, Hadijah U. Tayeb saat menghadiri Musrembang Tingkat Kecamatan Tilango Tahun 2021 di Aula kantor Camat Tilango, Senin (22/02/2021). (Foto: Humas Kominfo Kabgor)

Hargo.co.id, GORONTALO – Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan kelurahan. Musyawarah tersebut diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan sesuai tahun perencanaan.

Plh. Bupati Gorontalo, Hadijah U. Tayeb menjelaskan, Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) bertujuan untuk membahas, mensingkronisasikan dan menyepakati program proritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa atau kelurahan.

Selain itu, Kata Hadijah U. Tayeb, Musrenbang yang baik akan menghasilkan pelaksanaan pembangunan daerah yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Musrembang RKPD adalah satu kewajiban pemerintah kecamatan untuk dilakukan, karena akan diramu, disaring dan dilakukan perengkingan sesuai kebutuhan usulan dari hasil musrembangDes,” kata Hadijah U. Tayeb usai menghadiri Musrembang Tingkat Kecamatan Tilango Tahun 2021, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Aula kantor Camat Tilango, Senin (22/02/2021)

“Sehingga mana yang dialokasikan untuk di tingkat Kabupaten, provinsi maupun pusat sesuai dengan peruntukkannya dan jelas. Tentunya satu kewajiban dalam penyusunan program kegiatan, serta kita diwajibkan memperhatikan visi-misi Bupati Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026 untuk pengentasan kemiskinan,” Tambah hadijah U. Tayeb.

Dalam kegiatan yang di hadiri oleh Asisten I, Pimpinan OPD terkait, Anggota DPRD, serta Camat dan Kades se Kecamatan Tilango tersebut, Hadijah U. Tayeb juga menyampaikan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir yaitu antara tahun 2016 hingga tahun2021, Pihaknya berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo menjadi 17.2 persen dari yang sebelumnya berada di angka 23 persen.

Kedepannya, kata Hadijah U. Tayeb, Pemerintah Kabupaten Gorontalo bertekad untuk menurunkan angka kemiskinan hingga di angka 10 persen. Dalam mencapai angka tersebut, Lanjutnya, pihaknya akan melaksanakan berbagai program yang bertujuan untuk menuntaskan kemiskinan untuk mensejahterakan rakyat di Kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo tentunya berharap, tahun depan minimal 6 sampai 7 persen angka kemiskinan bisa turun, maka di saat periode 2021-2026 selesai kita bisa mencapai penurunan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo mencapai 10 persen, sehingga sudah mendekati angka nasional. Olehnya kesejahteraan masyarakat diutamakan”, imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tilango Ikram Hurudji menambahkan, Pada Musrembang tahun 2021 ini, ada beberapa program di tahun anggaran 2020 yang diusulkan kembali. Hal tersebut di lakukan karena ada beberapa program kegiatan yang terkena refocusing (pergeseran anggaran) untik penanganan dampak pandemi.

“Alhamdulilah, diputuskan melalui musrembang ada 10 usulan yang akan dibawah pada musrembang tingkat Kabupaten Gorontalo, ditambah dengan satu usulan perioritas yang diminta oleh masyarakat dan dicover oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sehingga total usulan adalah 11 usulan untuk Kecamatan Tilango,” kata Ikram Hurudji.(hiu/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar