Thursday, 16 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Muswilub PAN Bakal Sengit! Pertarungan Fadli, Anas, Cony

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Friday, 7 April 2017 | 12:13 PM Tags: , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Partai Amanat Nasional (PAN) Gorontalo akan segera menyelenggarkan musyawarah wilayah luar biasa (muswilub) untuk mencari lima orang tim formatur yang akan bersepakat memilih Ketua Partai. Sejauh ini sudah ada 13 nama yang mendaftarkan diri sebagai calon tim formatur.

Mekanisme pemilihan Ketua DPW PAN memang sudah mengalami perubahan. Bila sebelumnya para calon ketua di pilih melalui sistem voting atau pengambilan suara, tapi pada era kepemimpinan Ketua PAN Zulkifli Hasan, pola itu telah dirubah.

Muswil hanya akan memilih beberapa orang tim formatur. Lalu tim formatur itu yang akan bermusyawarah untuk menyepakati siapa yang akan ditunjuk menjadi ketua partai diantara tim formatur. Perubahan ini bertujuan untuk menghindari perpecahan di antara kader setelah pemilihan ketua partai.

Walau telah mengalami perubahan makanisme, tapi bukan berarti eskalasi pertarungan diantara kader yang berambisi merebut ketua partai akan berjalan dalam tempo rendah. Tetap saja pertarungan akan berjalan dalam tempo tinggi.

Pertarungan akan mulai diawali dalam penentu tim formatur selanjutnya pertarungan akan berlangsung dalam internal tim formatur. Ini sudah terbukti saat Muswil PAN beberapa tahun lalu. Karena diantara beberapa tim formatur ngotot untuk menjadi ketua partai, akhirnya tim formatur berujung deadlock hingga akhirnya DPP mengambil keputusan sendiri untuk menunjuk Ketua PAN diluar tim formatur yaitu Idris Rahim.

Ajang Muswilub PAN Gorontalo yang akan segera digelar, diperkirakan akan menjadi ajang pertarungan tiga figur yaitu Cony Gobel, Fadli Hasan dan Anas Jusuf. Karena diantara 13 nama calon tim formatur yang sudah mendaftar, ketiganya paling diunggulkan.

Karena sedang menempati jabatan strategis di di eksekutif dan legislatif yang bisa digunakan untuk membesarkan partai. Cony Gobel, sekarang ini menduduki jabatan Wakil Ketua Deprov Gorontalo. Sementara Fadli Hasan menjadi wakil bupati Kabupaten Gorontalo. Dan Anas Jusuf akan segera dilantik menjadi Wakil Bupati Boalemo.

Ketiganya juga memiliki kelebihan masing-masing. Cony Gobel setidaknya telah memiliki pengalaman memimpin partai. Karena sekarang ini dia menjadi pelaksana tugas (plt) Ketua DPW. Sehingga ini bisa menjadi pertimbangan khusus dari DPP. Bahkan Cony Gobel merasa optimis menjadi salah satu pilihan dari DPP untuk menjadi tim formatur, karena DPP bakal melihat kader, dan kinerjanya selama di partai. “Saya tetap optimis, dan saya juga sudah buktikan kinerja dalam membesarkan PAN. Dan selaku kader tentunya siap bertarung dalam muswilub,” pungkasnya.

Sementara Fadli Hasan meski tergolong pendatang baru di PAN, tapi bukan berarti dia minim dukungan dari DPP. Ayah Fadli Hasan yaitu Zainudin Hasan saat ini menjadi salah satu pengurus DPP. Sehingga jaringan DPP ini akan memperkuat posisi Fadli Hasan di DPP.

Begitupun dengan Anas Jusuf. Anas Jusuf punya kelebihan tersendiri. Dia tergolong salah satu figur yang ditokohkan di Partai. Anas Jusuf juga telah berpengalaman memimpin partai. Karena sebelumnya dia pernah menjadi Ketua PAN Kabupaten Gorontalo.

Terkait kesiapan Muswilub PAN, Juru bicara DPW Latif Yunus menyatakan pihaknya sudah siap melaksanakan hajatan partai tersebut. “Pada intinya kita sudah sangat siap melaksanakan Muswilub PAN, tinggal menunggu kesiapan waktu dari pak ketum Zulkifli Hasan,” kata Latif Yunus, ketika dihubungi Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), Kamis (6/4).
Latif Yunus menyampaikan, jika Muswillub PAN ini, sistemnya seperti pelaksanaan Muswil, DPP akan menunjuk empat orang tim formatur, yang kemudian berembuk siapa yang akan menjadi ketua DPW PAN. “Tapi ketua terpilih tetap melalui pengesahan dari DPP,” ungkapnya. (wan/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar