Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nakeswan Mulai Lakukan Verifikasi, Terkait Pendistribusian Ternak

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 31 Maret 2021 | 22:30 WITA Tag: ,
  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Gorontalo Utara, Asrin U. Menu


Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakeswan) Gorontalo Utara (Gorut), pada Selasa (31/03/2021) telah mulai melakukan verifikasi terkait dengan program pendistribusian ternak kepada masyarakat. 

Ditemui di ruang kerjanya, Kadis Nakeswan Kabupaten Gorut, Asrin U. Menu mengatakan bahwa memang benar bahwa pihaknya telah memulai pelaksanaan program tersebut. 

“Hari ini (Selasa kemarin, red) dinas melalui tim yang telah dibentuk, telah turun langsung ke kecamatan dan desa untuk melakukan verifikasi baik administrasi maupun faktual di lapangan,” ungkapnya.

Untuk hari pertama tersebut, kata Asrin, baru dilaksanakan di 2 kecamatan yakni Kwandang dan Anggrek. 

“Baru 2 kecamatan untuk hari pertama ini, dan untuk kecamatan lainnya itu akan dilaksanakan juga disesuaikan dengan jadwal,” kata Asrin.

Untuk bantuan tersebut kata Kadis Nakeswan diperuntukan secara berkelompok, dalam artian masyarakat yang tergabung dalam kelompok. 

“Untuk jumlah anggota kelompok selama ini sebanyak 10 orang,” tegasnya. 

Bantuan terhadap kelompok tersebut berupa hewan ternak sapi yang langsung diserahkan dan jenis sapinya Sapi Bali. 

“Kelompok masyarakat ini diharapkan dapat mengembangbiakan bantuan hewan tersebut tersebut,” jelasnya.

Terkait dengan apakah bantuan tersebut akan digulirkan dalam waktu tertentu, Asrin mengatakan bahwa hal tersebut nanti secara teknis, namun untuk saat ini belum ada sampai kesitu. 

“Hanya saja bentuk pengawasan terhadap bantuan tersebut akan rutin dilaksanakan ketika ini telah dilaksanakan,” jelasnya.

Bentuk pengawasan yang dimaksudkan dari Dinas Nakeswan sebagaimana yang disampaikan oleh kepala dinas tersebut baik pada kesehatan hewan itu sendiri dan lainnya. 

“Dari dina akan lakukan pengawasan secara rutin dan terjadwal, untuk melihat sampai sejauh mana bantuan tersebut termanfaatkan dan juga terhadap kondisi sapi tersebut termasuk dengan kesehatannya,” tandasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Realisasi Fisik dan Keuangan Harus Diperhatikan, Minimal Berimbang

Komentar