Minggu, 17 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nasib 12 Parpol Ditentukan Hari Ini, Data PKPI-PBB Perlu Perbaikan

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo , pada Rabu, 31 Januari 2018 | 12:38 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo berpacu dengan waktu. Setelah dua hari menggeber verifikasi faktual, hari ini (31/1) lembaga penyelenggara Pemilu tersebut akan menetapkan partai mana yang telah memenuhi syarat.

Sebelumnya, pada Senin (29/1) KPU Provinsi Gorontalo telah melakukan verifikasi delapan parpol. Selanjutnya pada Selasa (30/1) dilakukan verifikasi faktual terhadap empat parpol.

Masing-masing Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrat serta Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dari hasil verifikasi oleh tim, PBB dan PKPI masih harus melakukan perbaikan. Yakni berkaitan kesesuaian data antara sistem informasi parpol (sipol) dengan bukti fisik berupa Kartu Tanda Anggota (KTA)/kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Perbaikan datanya kita masih tunggu hari ini (kemarin,red),” ungkap Anggota KPU Provinsi Gorontalo Maspa Mantulangi dan Verrianto Madjowa ketika ditemui Gorontalo Post, Selasa (30/1) pukul 14.30 wita. Menurut Maspa Mantulangi, KPU Provinsi akan menetapkan hasil verifikasi faktual pada Rabu (31/1).

BACA  Jelang Natal 2020, Gubernur Gorontalo Temui Umat Kristiani

“Apabila perbaikan tak disampaikan sampai dengan hari ini maka pada parpol yang bersangkutan akan masuk pada tahap verifikasi perbaikan. Jadi masih ada tahap perbaikan apabila pada hasil verifikasi faktual belum sesuai,” tutur Maspa Mantulangi.

Sementara itu Verrianto Madjowa menegaskan, dalam pelaksanaan verifikasi faktual, KPU tak mau mencampuri dan masuk dalam permasalahan internal partai. Yang dilaksanakan KPU dalam verifikasi faktual adalah memastikan keberadaan kantor, mencocokkan dan meneliti komposisi kepengurusan serta memperhatikan keterwakilan perempuan.

“Untuk data digunakan adalah data yang ada di SIPOL. Data itu dimasukkan oleh DPP di situs KPU RI. Jadi data itu berasal dari Parpol sendiri,” tegas Verrianto Madjowa. Lebih lanjut Verrianto Madjowa mengemukakan, KPU Provinsi sudah melakukan verifikasi 12 parpol lama sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). “Untuk memenuhi syarat atau belum meenuhi syarat nantinya akan diputuskan dalam rapat pleno esok (hari ini,red),” kata Verrianto Madjowa.

BACA  Pilkada Kabgor Makan Tumbal, Ketua KPU Dicopot dari Jabatan

Hanura Optimis Lolos

Sementara itu Partai Hanura yakin bakal lolos verifikasi faktual. Kendati saat ini partai Hanura terdapat dua versi. Ketua DPD Hanura Gorontalo Guntur Thalib mengatakan, dengan dilakukannya verifikasi oleh KPU maka memperjelas jika saat ini yang diakui adalah kepengurusan hasil musdalub berdasarkan hasil perbaharuan sipol.

“Itulah hebatnya kepemimpinan Oesman Sapta Odang (OSO), karena hari ini dirinya mampu merubah sipol seluruh Indonesia untuk kepentingan partai Hanura. Perubahan sipol sudah dilakukan tanggal 28 Januari kemarin dengan kepengurusan yang baru pada KPU,” ungkap Guntur.

BACA  Polsek Dungingi Tutup Sejumlah Mini Market

Menurutnya, dengan adanya verifikasi oleh KPU maka dengan sendirinya mengugurkan pernyataan dari pihak yang merasa mempunyai kekuatan legal di Kemenkumham.

Sehingga dengan mandat yang diberikan, sebagai ketua DPD pastinya dirinya harus merangkul seluruh kader, simpatisan terutama pengurus yang kemarin berseberangan.

“Kemarin saya sudah menghubungi tiga mantan ketua DPC dan saya sudah katakan saya terbuka dan saya yakin teman-teman punya semangat yang sama membangun partai Hanura, maka dengan adanya sipol yang menjadi pengakuan dari KPU kepada partai hanura dibawah kepengurusan DPD baru, saya harapkan polemik ini selesai dan tak ada lagi perbedaan,” tegas Guntur.(san/wie)


Komentar