Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nelayan Belum Melaut, Harga Ikan Masih Mahal

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Ragam , pada Jumat, 16 April 2021 | 16:05 WITA Tag: , ,
  Sejumlah Kapal ikan belum melaut dan hanya terparkir di dermaga TPI Tenda, Kota Gorontalo, Jumat (16/04/2021). (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak hari pertama Ramadan hingga dengan saat ini, dikabarkan harga ikan laut di pasar maupun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Tenda, Kota Gorontalo menjadi agak mahal.

Hal itu dikarenakan belum adanya kapal ikan yang beroperasi sejak hari pertama puasa hingga dengan srkarang. Para nelayan memilih berkumpul dengan sanak keluarga pada awal pelaksanaan puasa Ramadan 1442 Hijriah.

Dari pantauan langsung Wartawan Hargo.co.id pada Jumat (16/04/2021), terlihat ada puluhan kapal ikan baik yang berukuran kecil maupun besar, hanya bersandar atau terparkir di pelabuhan TPI, Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo.

BACA  Suka Duka Anak Rantau di Bulan Ramadan

Saat dikonfirmasi, Serka Slamet selaku Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo yang bertugas di Pos TNI AL TPI Tenda mengatakan, bahwa para nelayan memilih untuk libur melaut pad awal Ramadan.

“Sebahagian besar mereka memilih berkumpul dengan keluarganya pada awal Ramadan ini. Hingga dengan hari ke empat, baru ada beberapa kapal ikan yang berencana melaut, sisanya masih belum, dan sebahagian besar kapal juga masih terparkir di pelabuhan. Hal itulah yang menyebabkan harga ikan menjadi agak mahal,” kata Serka Slamet (Babinpotmar Lanal Gorontalo).

BACA  Demi Ongkos Pengobatan Suaminya, Wanita Ini Rela Jualan Keripik Keliling

Lanjut Serka Slamet yang dikenal hoby dan mahir dibidang sepak bola itu juga menuturkan, dimana alasan lain nelayan belum mau melaut, dikarenakan mendengar kabar ataupun berita tentang cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini.

“Beberapa hari ini di Gorontalo memang sering terjadi cuaca buruk yang ramai diberitakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebahagian besar nelayan di sini memilih belum melaut. Beberapa ada yang takut karena mendengar berita cuaca buruk tersebut,” tutur Serka Slamet.

Dari pantauan langsung di pasar harian yang ada di Bone Bolango, harga ikan laut jenis oci dan marlugis yang awalnya hanya Rp.20.000 – Rp.30.000 perkilo gram, sekarang naik hingga Rp.40.000 – Rp.50.000 perkilo gram. Hal yang serupa juga dialami oleh harga jenis ikan laut lainnya.

BACA  Begini Cara Masyarakat Gorontalo Bangunkan Sahur 

Melalui kesempatan ini selaku Danpos Lanal di TPI Tenda, Serka Slamet yang juga tergabung dalam Juventus Fens Club Gorontalo menghimbau kepada seluruh warga nelayan agar kiranya dapat memperhatikan kondisi keselamatan diri ketika akan melaut, terlebih saat ini Daerah Gorontalo sedang dilanda cuaca buruk.(zul/hargo)


Komentar