Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nelayan di Danau Limboto Temukan Buaya  

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 23 Januari 2022 | 17:05 Tag: ,
  Nelayan di Lingkungan V Kelurahan Bolihuangga menemukan seekor buaya di Danau Limboto. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Nelayan di sekitar Danau Limboto dibuat khawatir dengan ditemukannya seekor buaya. Itu ditemukan di pesisir Danau Limboto, tepatnya di Lingkungan V, Kelurahan Bolihuangga, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Ahad (23/01/2022).

Keberadaan buaya tersebut menyebabkan banyak nelayan yang merasa khawatir untuk mencari ikan di Danau Limboto. Mereka mulai waspada untuk melakukan rutinitas mereka mencari ikan di danau sebagai sumber ekonomi.

Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Asni U. Menu mengatakan, anak buaya tersebut ditemukan warga saat mencari ikan sekitar Danau Limboto. Menurut pengakuan warga, itu merupakan buaya kedua ditangkap warga saat mencari ikan di pesisir danau tersebut.

“Ini kali kedua mereka menemukan buaya di tengah aktivitas mereka menangkap ikan di pesisir danau Limboto. Kondisi ini membuat kekhawatiran para nelayan yang akan turun ke sungai menjala ikan, takut nanti akan ada buaya yang mengintai atau bahkan siap menerkam mereka,” kata Asni U. Menu.

Aleg tiga periode ini berharap kepada pemerintah setempat untuk melakukan peninjauan jika masih ada buaya-buaya lainnya di seputaran aliran Danau Limboto tersebut. 

“Bagi pemerintah dalam hal ini instansi terkait diharapkan bisa secepat mungkin turun langsung memeriksa agar nantinya tidak akan memakan korban,” harapnya.

Dirinya menyarankan kepada warga untuk menyerahkan anak buaya tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang mempunyai tupoksi melindungi hewan tersebut. 

“Untung saja dua kali ditemukan tetapi tidak ada korban jiwa tetapi kami pun tidak bisa menjamin kedepannya dan berharap tidak akan lagi ditemukan buaya oleh nelayan di sepanjang pesisir danau, agar nantinya nelayan yang kesehariannya menjala ikan danau di lokasi tersebut pun nyaman melakukan aktivitas,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 12.185 times, 1 visits today)

Komentar