Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nelson Akan Bangun Tugu Perjuangan Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 17 Januari 2017 | 12:52 Tag: , , ,
  

LIMBOTO Hargo.co.id – Provinsi Gorontalo kini sudah berusia 17 Tahun. Namun hingga saat ini, belum ada satu pun momentum yang menggambarkan tonggak perjuangan lahirnya provinsi yang dilakukan para deklarator. Padahal untuk bisa berpisah dari induknya, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), para deklarator Gorontalo melalui berbagai perjuangan yang tidak ringan dengan memakan waktu serta tenaga.

Olehnya, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo siap menyediakan lahan khusus untuk dijadikan lokasi pembangunan tugu perjuangan tersebut. Tugu ini bakal didedikasikan untuk para pejuang pemekaran Gorontalo. Dimana tugu bakal memuat setiap tahapan perjuangan yang dilakukan, dari persiapan hingga deklarasi, serta siapa saja yang ikut berjuang. Bukan hanya memuat perjuangan Gorontalo juga, perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, perjuangan 23 januari, hingga perjuangan pembentukan Gorontalo.

Hal itu terungkap dalam rapat bersama yang digelar di Pentadio Resort Gorontalo, kemarin, Senin (16/1). “Kita ingin memperlihatkan bagaimana perjuangan itu, baik sebelum Indonesia Merdeka, Ketika Indonesia Merdeka dan setelah Indonesia Merdeka termasuk perjuangan Gorontalo,” terang Bupati Nelson Pomalingo.

Ditegaskan Nelson, pembangunan tugu perjuangan bukan hanya karena dirinya merupakan salah satu deklarator pembentukan Gorontalo, tetapi yang terpenting adalah masyarakat bisa mudah mendapatkan informasi dan bisa paham akan sejarah pembentukan Provinsi Gorontalo. “Agar generasi muda juga bisa mengetahui bahwa Gorontalo ini kita bangun lewat perjuangan bukan gratis,” tambahnya.

Tak hanya memuat perjuangan Gorontalo saja, bagaimana proses perjuangan pemekaran Kabupaten lain di Gorontalo. Seperti Kabupaten Boalemo, Pohuwato maupun Bone Bolango. Sehingga tugu perjuangan akan menjadi pusat informasi dari semua puncak-puncak perjuangan yang ada di Gorontalo dan Indonesia. Selain itu juga, bakal diberikan penghargaan khusus untuk para deklarator yang telah meninggal. Total ada 26 perjuang yang bakal diberikan penghargaan khusus.(nat/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar