Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nelson Pomalingo Masuk Nominasi 100 Tokoh Peduli Lingkungan Versi Majalah Tempo

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kab. Gorontalo , pada Jumat, 16 April 2021 | 04:05 WITA Tag: ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo


Hargo.co.id, GORONTALO – Selama memimpin di periode pertamanya kemarin, Nelson Pomalingo memang berhasil menorehkan beberapa prestasi yang membuat kabupaten gorontalo mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, salah satunya penghargaan kota adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2017-2018 kemarin pada tahun 2019 kemarin.

Berbagai penghargaan di bidang lingkungan tersebut dinilai oleh beberapa pihak sebagai bentuk konsistensi Nelson Pomalingo terhadap penyelamatan lingkungan. Salah satunya dengan dimasukkannya Nelson Pomalingo dalam nominasi 100 tokoh peduli lingkungan versi majalah Tempo.

“Konsistensi beliau terhadap penyelamatan lingkungan serta ada beberapa hal yang melatarbelakangi. kami datang untuk mendalami komitmen kebijakan beliau itu, untuk diproyeksikan menjadi Nominasi 100 tokoh peduli lingkungan,” Kata Budi selaku Mitra Tim Majalah Tempo, saat diwawancarai usai menemui Nelson Pomalingo,Selasa (13/4/2021)

Tak hanya lingkungan, Nelson Pomalingo juga merumuskan strategi kebijakan adaptasi perubahan iklim (API) agar tidak menghambat kelangsungan hidup masyarakat. Program tersebut dirumuskan kepada seluruh Organisasi perangkat daerah (OPD), para Camat bahkan Kepala Desa, khususnya dari desa yang berisiko tinggi terhadap perubahan iklim. Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang risiko iklim yang dihadapi Kabupaten Gorontalo.

Langkah-langkah strategis yang diambil pemerintah kabupaten sejak tahun 2017, Sebelumnya, Nelson Pomalingo juga membentuk Kelompok Kerja API (Pokja API), bekerja sama dengan Pusat Transformasi Kebijakan Publik (Transformasi) menyusun Strategi API dan mengintegrasikannya ke dalam RPJMD 2016-2021 dan RKPD 2017. Di tataran operasional, terdapat 19 program lingkungan dan API yang dimasukkan Pemkab Gorontalo ke dalam Rencana Kerja (Renja) Sembilan OPD terkait dan RKA 2017.

Tak hanya itu, Nelson pomalingo juga mengalokasikan 10,5% dari total APBD 2017 guna mengimplementasikan program API. Dasar penyusunan strategi dan program API tersebut bahkan membuat Nelson Pomalingo menjadi pemateri di beberapa kegiatan lingkungan di  tingkat Nasional. Nelson Pomalingo bahkan pernah diundang ke Jerman dan Jepang hanya untuk memaparkan kebijakan tersebut di tingkat internasional. 

“Latar belakang inilah membuat pihak majalah tempo memproyeksikan Nelson Pomalingo masuk nominasi 100 tokoh versi majalah tempo,” ungkapnya. (hiu/adv/hargo)

BACA  Rp 6 Miliar untuk Kelanjutan Pembangunan Masjid Blok Plan  

Komentar