Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nelson Pomalingo Rombak Kabinet, Haris Tome dan Dewi Nani Pindah Tugas  

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Kab. Gorontalo , pada Rabu, 26 Januari 2022 | 23:05 Tag: , , , ,
  Haris Tome dan Dewi Nani

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo kembali melakukan rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah setempat. Kali ini, sebanyak 22 pejabat pimpinan tinggi pratama resmi dilantik menduduki jabatan baru yang dilaksanakan di GOR David Tony Limboto, Rabu (26/01/2022).

Menariknya, dari 22 pejabat tersebut, ada dua nama pejabat yang juga dirotasi. Yakni Haris Suparto Tome (Haris Tome) dan Sri Dewi Rahmawati Nani (Dewi Nani). Kedua kepala dinas kerap menjadi perhatian publik dengan prestasi yang  mereka raih pada usia mereka yang masih tergolong muda.

Sebanyak 22 pejabat tinggi pratama mengikuti pelantikan di GOR David Tony Limboto, Rabu (26/01/2022) oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto: Istimewa)
Sebanyak 22 pejabat tinggi pratama mengikuti pelantikan di GOR David Tony Limboto, Rabu (26/01/2022) oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto: Istimewa)

Haris Suparto Tome yang merupakan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim). Saat menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo, lelaki yang sering disapa HST ini berhasil membawa nama Kabupaten Gorontalo ke tingkat Nasional dengan menjadi Ketua Forum Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia. 

Sementara itu, Sri Dewi Rahmawati Nani yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPA) diangkat sebagai Inspektur Kabupaten Gorontalo. Di DPPA, Sri Dewi Rahmawati Nani beberapa kali berhasil membawa Kabupaten Gorontalo sebagai Kota Layak Anak kategori Madya.

Dengan dipindahkannya Haris Suparto Tome dan Sri Dewi Rahmawati Nani, akankah Ketua Forum Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia kembali jatuh di Kabupaten Gorontalo? Apakah Kabupaten Gorontalo mempertahankan Anugerah Kota layak anak kategori Madya? 

Mampukah Haris Suparto Tome dan Sri Dewi Rahmawati Nani mencetak prestasi di jabatan mereka yang baru?

Dalam perombakan formasi yang dilakukan Nelson Pomalingo, ada pula kepala dinas dan Asisten yang mutasi ke Staf ahli. Diantaranya adalah Kepala Dinas Perkim, Ibrahim Jantu yang dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Selain itu, ada nama Yusran Lapananda yang dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. Dirinya dimutasi dari jabatan sebelumnya sebagai Asisten Administrasi Umum. 

Berikut nama nama pejabat yang dilantik beserta jabatannya: 

 

  1. Yusran Lapananda, dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. Jabatan sebelumnya, Asisten Administrasi Umum.
  2. Hen Restu, dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Jabatan sebelumnya, Inspektur Kabupaten Gorontalo.
  3. Ibrahim Jantu, dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.
  4. Rahmat Dony Lahatie, dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Jabatan sebelumnya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan.
  5. Roni Sampir, dilantik sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan.
  6. Darwin Romy Sjahrain dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas PUPR.
  7. Sri Dewi Rahmawati Nani, dilantik sebagai Inspektur Kabupaten Gorontalo. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak. 
  8. Zubair Pomalingo, dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 
  9. Dewi Masita Usman, dilantik sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 
  10. Astri Tuna dilantik sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jabatan sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. 
  11. Safwan Tahir Bano, dilantik sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Jabatan sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan. 
  12. Selmin Papeo dilantik sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Jabatan sebelumnya, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. 
  13. Titianto Pauweni, dilantik sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 
  14. Yahya K. Podungge, dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. 
  15. Femmy Wati Umar, dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Jabatan sebelumya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. 
  16. Haris Suparto Tome, dilantik sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Jabatan sebelumya,  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. 
  17. Sumanti Maku, dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Jabatan sebelumnya, Kepala BPBD. 
  18. Nawir Tondako, dilantik sebagai Kepala Dinas Perikanan. Jabatan sebelumnya,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. 
  19. Darwan Usman, dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan. 
  20. Gusti Tomayahu, dilantik sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. 
  21. Udin M.N. Pango dilantik sebagai Kepala BPBD. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Satpol PP. 
  22. Husain UI dilantik sebagai Kepala Dinas Satpol PP. Jabatan sebelumnya, Kepala Dinas Sosial.

Nelson Pomalingo menjelaskan, kebijakannya melakukan rotasi tersebut bertujuan untuk penataan sumber daya manusia (SDM) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dirinya berharap para pejabat tersebut dapat segera mempelajari serta menyesuaikan diri dengan jabatan baru agar program yang telah direncanakan dapat segera dilaksanakan.

“Kami berharap para pejabat yang baru dilantik ini dapat segera mempelajari dengan baik tupoksi masing-masing sehingga program di tahun 2022 bisa segera dilaksanakan, karena ini sudah bulan Januari,” kata Nelson Pomalingo usai pelantikan tersebut. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 396 times, 1 visits today)

Komentar