Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ngotot Sampai Puncak, Ini Penampakan Adhyaksa Dault di Mont Blanc

Oleh Aslan , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Jumat, 8 September 2017 | 12:27 PM Tag: ,
  Mantan menpora, Adhyaksa Dault saat melakukan pendakian Mont Blanc. (ist for JawaPos.com)

Hargo.co.id – Ambisi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung tertinggi di Eropa Barat, Mont Blanc benar-benar diwujudkan bersama 18 tim pendakian gabungan.

Tim Pendaki Kwarnas Gerakan Pramuka dan organisasi pecinta alam Vanaprastha berangkat sejak Minggu (3/9) dan kembali (15/9). Terlihat di dalam foto yang viral di kalangan pegiat Pramuka, Adhyaksa penuh semangat hendak mencapai puncak.

Adhyaksa Dault menyampaikan, pendakian Mont Blanc juga dalam rangka Promosi Indonesia pada Puncak-Puncak Dunia (PIP3D).

Mantan Menpora ini menambahkan, PIP3D adalah aksi menancapkan Bendera Merah Putih di gunung-gunung tertinggi dunia, termasuk Mont Blanc, sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan identitas-identitas Indonesia lainnya seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Dasa Darma Pramuka.

Pendakian ke Mont Blanc dilakukan dengan persiapan matang. Seluruh anggota tim telah melakukan berbagai latihan fisik maupun mental.

“Tidak semua bisa ikut, karena ini menyangkut keselamatan, bahkan nyawa, kita juga mempertaruhkan nama Indonesia,” kata Adhyaksa sebelum berangkat.

Sebab, kata dia, tidak ada yang instan dalam pendakian, meskipun pendaki sudah  berpengalaman, latihan tak boleh lupa dan wajib hukumnya.

“Karena itu sebelumnya kami rutin naik Gunung Gede Pangrango dan latihan fisik untuk meningkatkan level VO2Max. Kami juga mendaki Gunung Fansipan, Vietnam, dan Gunung Kinabalu, Malaysia sebagai sesi akhir latihan,” tambahnya.

Tak hanya Adhyaksa, ada pula mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono yang ikut dalam pendakian yang di Ketuai oleh Gembong Tawang Alun.

(ika/JPC/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar