Minggu, 22 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nilai Reformasi Birokrasi Turun, Pimpinan OPD Diganti 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Bone Bolango , pada Selasa, 19 April 2022 | 02:05 Tag: , ,
  Bupati Bone Bolango, Hamim Pou

Hargo.co.id, GORONTALO – Jika nilai Reformasi birokrasi (RB) turun, siap-siap pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) diganti. Ini merupakan warning dari Bupati Bone Bolango, Hamim Pou untuk para pimpinan OPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait Reformasi Birokrasi (RB).

“Saya sampaikan, bagi OPD yang tidak bisa menaikkan nilai poin RB-nya, saya ganti. Tak hanya pimpinan OPD-nya saja, tapi kepala-kepala bidangnya saya akan ganti. Karena tidak mampu, tidak cakap dalam melakukan perbaikan-perbaikan di OPD-nya masing-masing,” tegas Hamim Pou. 

Penegasan ini disampaikan Hamim Pou di hadapan pimpinan OPD dan ASN pada apel Korpri di lingkungan Pemerintah Bone Bolango, Senin (18/04/2022). Maklum, saat ini nilai Reformasi Birokrasi di pemerintahan Bone Bolango masih ada di posisi CC, yang artinya cukup dan perlu banyak perbaikan. 

“Saya tidak mau lagi tahun depan Bone Bolango dapat nilai CC terus,” tegasnya lagi.

Terkait nilai RB yang masih memperoleh nilai CC, Hamim Pou berharap kedepannya, harus segera membuat lompatan seperti nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dimana empat tahun berturut-turut sudah sangat baik atau meraih nilai BB. Bahkan terbaik di Provinsi Gorontalo.

“Jadi RB-nya harus naik level ke B atau BB lebih baik lagi. Tak boleh lagi ada alasan, tahun depan Bone Bolango harus BB untuk nilai reformasi birokrasinya. Sedangkan untuk SAKIP-nya harus mendapatkan nilai A. Masa di BB terus, walaupun itu yang terbaik di Gorontalo maupun di Sulawesi,” tegas Hamim Pou.

Dirinya menekankan kepada seluruh pimpinan OPD dan ASN yang diberi tanggung jawab untuk mempelajari apa yang membuat poin-poin RB tidak naik. Ia mengaku sudah melihat nilai RB maupun SAKIP masing-masing OPD. Masih banyak yang memperoleh nilai C, ada yang D, dan bahkan ada yang E. Selain itu diharapkan masing-masing OPD untuk selalu melakukan evaluasi untuk perbaikan. (***)

 

Penulis: Rita Setiawati

(Visited 41 times, 1 visits today)

Komentar