Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



NJOP Setiap Tahun Berubah, DPRD Minta Tarif PBB Dikaji

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 10 April 2021 | 17:05 WITA Tag: ,
  Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo, Ali Polapa


Hargo.co.id, GORONTALO, Ada yang menarik dari pernyataan Ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Gorontalo, Ali Polapa. Yakni, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) setiap tahun berubah, sementara tarif Pajak Bumi dan Bangunan tak pernah berubah sejak 20 tahun terakhir ini.

kenyataan itu lantas membuat Ali Polapa meminta kepada pemerintah untuk mengkaji tarif PBB di Kabupaten Gorontalo. Baginya ada sesuatu yang tak seimbang antara tarif PBB dengan NJOP yang ada saat ini. 

“20 tahun lalu, saya duduk sebagai Kepala Desa Upomela, Kecamatan Bongomeme. Saya tahu tarif PBB saat itu, masih seperti yang diberlakukan saat ini. Artinya, tak ada perubahan, sementara NJOP setiap tahun berubah,” kata Ali Polapa, Sabtu (10/04/2021).

Ali Polapa menambahkan, dirinya duduk sebagai kepala desa selama 10 tahun, dan kini sudah 12 tahun duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, selama itu pula tak ada perubahan dalam tarif PBB. 

Ali Polapa menyampaikan ini pada rapat evaluasi LKPJ bupati beberapa waktu lalu. Dikatakannya, sebelum dilakukan evaluasi tarif, pemerintah daerah perlu melakukan sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat memahami tujuan dan dasar dari pemerintah itu sendiri. 

“Tujuan menaikan tarif ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Kita ketahui bersama bahwa nilai tanah dan bangun setiap tahunnya naik. sementara pajak yang dibayarkan tetap begitu, sehingga perlu penyesuaian,” kunci Aleg Dapil Batudaa Cs. (wie/adv/hargo)

BACA  Program Bantuan Harus Terencana Agar Tak Timbulkan Persoalan Baru

Komentar