Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



NKRI Dilantik Akhir Mei! Bersama Babel, Sulbar, Papua Barat dan Banten

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 27 April 2017 | 12:16 WITA Tag: , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Jika tak ada aral melintang, pelantikan terhadap pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Gorontalo terpilih Rusli Habibie-Idris Rahim (NKRI) akan dilantik minggu keempat mei 2017. Rusli-Idris akan dilantik bersama dengan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih hasil pilkada 2017 dari empat daerah lain masing-masing provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman -Drs.H Abdul Fatah, M.Si, Provinsi Banten Dr.H.Wahidin Halim, MSi – H.Andika Hazrumy, S.Sos, Sulawesi Barat (Sulbar) Drs.H.Ali Baal, M.Si- Hj.Enny Anggraeny Anwar, dan Papua Barat Drs. Dominggus MandacanMohamad Lakotani, SH, M.Si . Lima pasangan Gubernur-Wakil Gubernur itu akan dilantik serentak oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

BACA  Warga di Kecamatan Bone Terima Bantuan Dari Tim NKRI Peduli

Agenda pelantikan ini tertuang dalam surat Dirjen Otda Kemendagri yang ditujukan untuk Mendagri. Foto surat Dirjen Otda itu telah menyebar luas di media sosial seperti Whtasapp dan Facebook.

Ada tiga poin penting dalam surat Dirjen Otda perihal agenda pelantikan serentak hasil pilkada 2017 itu. Pertama, menyangkut pejabat yang akan melantik. Untuk pasangan Gubernur/Wakil Gubernur, dilantik Presiden di Ibukota Negara. Sementara untuk Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota dilantik oleh Gubernur di Ibukota Provinsi.

BACA  Rusli Habibie Minta Masyarakat Ikut Sosialisasikan Larangan Mudik

Kedua menyangkut tahapan pelantikan. Dalam surat itu tertuang bahwa untuk pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama minggu keempat Mei 2017 mencakup lima pasangan Gubernur-Wakil Gubernur yaitu Provinsi Gorontalo, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat dan Papua Barat.

Tahap kedua yaitu minggu pertama Juli 2017 yaitu untuk pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Aceh. Tahap ketiga yaitu minggu keempat Oktober 2017 untuk pasangan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta.

BACA  Bersua di Perbatasan, Ini Kesepakatan Forkopimda Gorontalo dengan Sulut 

Sementara untuk pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota (tidak termasuk provinsi Aceh) juga dilaksanakan dalam tiga tahap. Yakni tahap pertama yaitu Minggu keempat Mei mencakup 34 daerah (29 Kabupaten dan 5 Kota), tahap kedua yaitu Minggu ke II Juli untuk 14 daerah (12 Kabupaten dan 2 kota) serta minggu keempat Desember 2017 meliputi 26 daerah (19 Kabupaten dan 7 Kota).

Poin ketiga mengenai mekanisme pelantikan di provinsi Aceh yang mengedepankan pengaturan dalam undang-undang daerah khusus/istimewa.

Laman: 1 2 3


Komentar