Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



NKRI Hanya Kalah di Delapan Kecamatan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Sabtu, 18 Februari 2017 | 12:55 PM Tag: , , , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Hitung cepat dan rilis data C1 Komisi Pemilihan Umum (KPU) hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Gorontalo 2017, menempatkan pasangan calon Rusli Habibie dan Idris Rahim sebagai peraih saura terbanyak.

Duet Nyata Karya Rusli Idris (NKRI) ini unggul dimayoritas kecamatan di Gorontalo. Dari 77 kecamatan di Provinsi Gorontalo, NKRI hanya kalah di delapan kecamatan, itu pun hanya tersebar di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Di Kabupaten Boalemo, NKRI kalah tipis di dua kecamatan, yakni kecamatan Paguyaman 37.3%. Sementara pasangan Hana Hasana-Tony Yunus (HATI) unggul dengan 38.5%, Zainudin Hasan-Adhan Dambea (ZIHAD) 24.2%. Kecamatan Wonosari NKRI 39.9%, HATI unggul 40.5% dan ZIHAD 19.7%.

Di Kabupaten Gorontalo, pasangan yang diusung Golkar dan Demokrat ini kandas di tiga kecamatan. Pada kecamatan Asparaga dan Batudaa Pantai, NKRI dikalahkan pasangan ZIHAD, sementara di kecamatan Boliyohuto, pasangan HATI yang meraih suara terbanyak. Di Kabupaten Bone Bolango, NKRI kalah telak di wilayah kecamatan Pinogu dengan capaian hanya 20.6% suara, sementara HATI unggul dengan 60.82 perse, ZIHAD hanya 18.52%.

Di Suwawa Timur dan Suwawa selatan, NKRI juga kalah dari HATI. Secara keseluruhan, pasangan NKRI unggul dimayoritas kecamatan atau pada 69 kecamatan di Gorontalo. Bahkan di Kota Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo Utara, NKRI sapu bersih kemenangan.

Hasil rekap data C1 menempatkan Rusli Habibie – Idris Rahim sebagai peraih suara terbanyak dengan 60.65%, jauh meninggalkan pasangan HATI yang hanya meraih dukungan warga 25,86% dan ZIHAD 23.49%. Rusli Habibie mengatakan, dengan kemenangan yang diraih pasangan NKRI membuktikan jika masyarakat masih menginginkan pemerintahanya bersama Idris Rahim memimpin dan membangun Gorontalo.

Kendati begitu, mantan Bupati Gorontalo Utara ini menghimbau agar masyarakat untuk dapat bersatu kembali, sebab Pilkada telah usai. “Bergandengan tangan dan tidak lagi terkotakkan dengan sekat-sekat pilihan politik. Tapi semua bersatu untuk melanjutkan pembangunan Gorontalo yang maju, adil dan sejahtera,”ujar Rusli Habibie.(tro/Wie/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar