Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



OJK Rilis Portal Investasi Bodong

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 19 Agustus 2016 | 13:06 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Maraknya investasi ilegal bodong tak lantas membuat masyarakat kapok. Masih ada saja berbagai investasi serupa dengan merek dan motif hampir sama masih tumbuh subur, termasuk pula yang belakangan menghebohkan Gorontalo.

Sebut saja bisnis jejaring Dream for Freedom (D4F). Saat ini, bisnis invest tersebut telah resmi izinya dicabut yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat per tanggal 23 Juni 2016. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun, memasukkan D4F sebagai daftar salah satu investasi ilegal.

BACA  Memaknai Fungsi Perjalanan Dinas, Pelatihan Aplikasi SIM-PD Digelar 

Dalam siaran pers OJK melalui situs resminya, sedikitnya ada 34 investasi ilegal yang masuk dalam Investor Alert Portal (IAP), sebuah portal website berisi daftar perusahaan investasi keuangan yang tidak terdaftar di OJK. IAP bisa diakses melalui minisite sikapiuangmu.ojk.go.id dengan alamat portal: http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Home.

OJK pun berjanji akan terus memperbaharui secara berkala daftar tersebut melalui koordinasi antara Satuan Tugas Waspada Investasi dengan otoritas berwenang lainnya.

BACA  Tertarik Tanaman Porang, Ketua Puskop Yustisia Adil Makmur Temui Wagub 

“Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan investasi pada entitas yang tidak jelas legalitas dan pengawasannya. Penawaran ini sering disamarkan sebagai penjualan langsung dan/atau peluang bisnis dengan bunga dan skema investasi yang tampak atraktif,” kata OJK dalam situs resminya, kemarin, Kamis (18/8).

OJK juga mengimbau masyarakat apabila menemukan investasi yang mencurigakan segera melapor ke OJK untuk ditindaklanjuti.

Sebelumnya, Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Malut (Sulutgomalut), Mouren Monigir memberikan edukasi dan tips kepada masyarakat terkait dengan investasi bodong ini.

BACA  Menunggu Proses Tender, Bantuan Pangan Bersubsidi Tertunda

Pertama, melihat apakah investasi ini memiliki izin atau tidak, “Ini agar bisa tahu legalitasnya,” kata Mouren. Kedua, harus berhati-hati terhadap investasi yang menjanjikan dengan pasti keuntungan berlipat dalam waktu singkat, “Kecuali pasar sekuritas (bursa efek),” pungkasnya.(axl/hargo)

Berikut daftar perusahaan yang tidak terdaftar dan dibawah pengawasan OJK

Laman: 1 2


Komentar