Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Oknum Aleg Terjaring Razia Satpol

Oleh Aslan , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 31 Januari 2018 | 10:12 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Razia tim gabungan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gorontalo Selasa (30/1) mendadak menjadi pembicaraan publik. Itu setelah petugas satpol PP mengamankan 9 orang yang dinilai melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2016 tentang Ketertiban Umum.

Dan salah satu di antara 9 orang itu belakangan diketahui oknum anggota legislatif (aleg). Oknum aleg tersebut diamankan lantaran saat razia sedang berada di kost di wilayah Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo sekitar pukul 15.00 wita.

Saat itu oknum yang bersangkutan tak diketahui merupakan oknum ‘wakil rakyat’. Sebab, pria yang berperawakan agak tinggi itu mengenakan pakaian biasa. Sehingga petugas gabungan mengira warga biasa.

BACA  Alokasi Anggaran ke Kota Gorontalo, Naik Dua Kali Lipat

Di tempat itu, sang oknum aleg didapati sedang bersama seorang perempuan. Awalnya ketika ditanya oknum aleg mengaku perempuan yang berparas ayu itu adalah istrinya. Akan tetapi, petugas tak langsung percaya. Sebab, gelagat antara oknum aleg dan perempuan yang berusia sekitar 30-an itu tak lazim ketika ditanya petugas. Untuk memastikan jawaban sang oknum aleg, petugas lantas meminta bukti bila keduanya merupakan pasangan suami istri.

Lantaran tak mampu menunjukkan bukti ataupun dokumen yang sah, petugas lantas menggiring keduanya ke kantor Dinas Satpol PP. Oknum aleg bersama pasangan perempuannya lantas kemudian diinterogasi dan diminta identitas untuk pendataan. Uniknya para petugas kurang memperhatikan bila pria yang sedang diminta keterangan adalah oknum wakil rakyat di Kabupaten Gorontalo Utara. Apalagi, saat ditanya oknum aleg tersebut menyatakan pekerjaannya adalah karyawan swasta.

BACA  Wagub Terima Kunjungan Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo Yang Baru

Setelah dilakukan pendataan, sekitar pukul 17.00 wita, oknum aleg diperkenankan pulang. Demikian pula perempuan yang bersama oknum aleg saat petugas Satpol PP melakukan razia turut diperkenankan pulang. Menjelang magrib, suasana kantor Dinas Satpol PP mendadak riuh. Pasalnya, ternyata pria yang diamankan di tempat kos itu adalah oknum aleg.

“Kami tidak tahu bila ada oknum anggota Dewan Gorut. Sebab yang bersangkutan mengaku sebagai karyawan swasta,” ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Gorontalo Husain Ui. Selain berhasil menciduk oknum Aleg, tim operasi juga berhasil mengamankan dua orang ASN yang juga tercatat sebagai ASN Gorut dan sepasang bukan suami istri di kos-kosan dan tempat karaoke di wilayah Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

BACA  Usulan Program Pemprov Gorontalo Diterima Menteri PPN

Dua oknum ASN Gorut masing-masing HA dan IR beserta salah satu rekannya sedang asik bernyanyi bersama salah seorang pemandu lagu pada salah satu bilik karaoke di tempat itu. Petugas pun langsung menggiring mereka ke kantor Satpol.

Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Gorontalo Husain UI membenarkan jika dalam oprasi gabungan penertiban Perda tersebut didapati 2 di antaranya adalah ASN di Kabupaten Gorut. “Kami memberikan rekomendasi terhadap keduanya pada pemda tempat mereka mengabdi,” ujar Husain Ui. (tr-56/hg)


Komentar