Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Oktober, Kemenkes Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 19 Oktober 2020 | 13:30 WITA Tag: ,
  Ilustrasi. Kantor Kementerian Kesehatan RI


Hargo.co.id, GORONTALO – Pada Oktober ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kampanye nasional tersebut, bertepatan dengan Hari CTPS Sedunia sebagai momentum kampanye dan advokasi di seluruh dunia setiap 15 Oktober.

Sebelumnya, pada bulan Agustus Kemenkes kampanye nasional pemakaian masker, kemudian kampanye Jaga Jarak pada September.

Pandemi Covid-19 menjadi pengingat yang kuat bahwa salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus dan berbagai penyakit menular lainnya adalah: mencuci tangan dengan sabun dan air.

BACA  Vaksin Merah Putih Siap Diproduksi Akhir 2021

Kebersihan tangan dapat menyelamatkan nyawa. Karena itu, pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil bersama-sama membentuk Kemitraan Swasta-Publik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS) untuk mempromosikan advokasi dan inisiatif berkelanjutan dalam meningkatkan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia.

Berbagai kegiatan promosi kesehatan, khususnya perubahan perilaku bersih dan sehat, termasuk CTPS telah direncanakan dan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan.

Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto meminta semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

BACA  Tak Hanya Penerapan 3M, Covid-19 Harus Dideteksi Sedini Mungkin

”Saya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” kata Terawan.

Terawan juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di daerahnya masing-masing. Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya.

BACA  Terkait Rapid Test, Ini Rekomendasi WHO

”Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman COVID-19 dan penyakit menular lainnya,” tegas Terawan.

Semua pihak yang berwenang mempromosikan perubahan perilaku dan praktik bersih melalui kampanye cuci tangan pakai sabun secara berkelanjutan. (***)

 

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar