Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



OPD Pengelola PEN dan DAK Diminta Perhatikan Waktu

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 20 April 2022 | 16:05 Tag: , ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deasy Sandra M. Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Deisy S.M Datau mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan juga Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk dapat memperhatikan persoalan waktu. Maklum, saat ini ini mendekati pekan terakhir April dan ada ketentuan yang harus dipenuhi oleh OPD terkait dengan waktu.

.“Pengelolaan PEN dan DAK, ada ketentuan yang harus dipenuhi oleh pihak pengelola dalam hal ini OPD. Terutama terhadap waktu yang telah ditentukan sebagai syarat untuk pencairan tahap berikutnya,” ungkap Deisy S.M Datau.

Sementara untuk saat ini, waktu terus berjalan dan proses tender belum berjalan dengan maksimal. Waktu tidak menunggu, tinggal bagaimana program yang didanai oleh PEN dan DAK tersebut dipercepat prosesnya, karena waktu terus berjalan.

Lebih lanjut dikatakan oleh Deisy S.M Datau, OPD harus dapat memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan dalam pengelolaan program yang didanai oleh PEN dan DAK tersebut. Jika tidak, maka ada resiko yang mengikutinya dan ini juga sangat berpengaruh pada anggaran.

“Terutama pada pencapaian persentase pekerjaan yang dilaksanakan, karena jika tidak maka akan berpengaruh pada pencairan anggaran tahap berikutnya,” ujar Deisy S.M Datau.

Yang paling riskan, kata Deisy S.M Datau yakni terhadap pengelolaan dana PEN yang jika tidak terpenuhi maka tidak akan ada pencairan tahap berikutnya dan daerah akan terbeban untuk membayar kembali. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar