Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Operasi Kemanusiaan: BKO Polda Bergeser ke Sigi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 12 Oktober 2018 | 10:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah dua pekan menjalankan tugas kemanusiaan di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Tim BKO Polda Gorontalo kini bergeser ke wilayah Kabupaten Sigi, Kamis (11/10). Tim yang berjumlah 209 personel dan dipimpin Dan Satgas Ops Kompol Sugeng Setyo Budhi,SIK disambut Kapolres Sigi AKBP.Wawan Setiawan.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP.Wahyu Tri Cahyono menjelaskan, sama halnya di Palu dan Donggala, tim BKO Polda Gorontalo turut melakukan misi kemanusiaan di Kabupaten Sigi. Kabupaten Sigi merupakan salah satu daerah yang ikut terdampak dari bencana gempa 7,4 SR, Jumat (28/9).

“Mereka akan melaksanakan tugas kemanusiaan meliputi penjagaan dan patroli, pendistribusian bantuan ke masyarakat, pelayanan kesehatan serta trauma healing,” ujar Wahyu Tri Cahyono.

Mantan Kapolres Bone Bolango itu menjelaskan, untuk layanan trauma healing, Polda Gorontalo mengirim enam orang psikolog. Layanan trauma healing diberikan untuk meringankan beban psikis yang dialami para korban bencana gempa dan tsunami. Sebab, selain kehilangan materi, para korban bencana juga turut mengalami tekanan psikis.

“Sesuai dengan perintah Bapak Kapolda, operasi kemanusiaan di Sulawesi Tengah ini akan berjalan selama 30 hari. Selanjutnya apakah akan diperpanjang, termasuk jika membutuhkan tambahan personil nantinya akan dilihat perkembangannya,” tutur Wahyu Tri Cahyono.

Dari laman tribratanews, Dan Satgas Ops Aman Nusa II Polda Gorontalo Kompol Sugeng Setyo Budhi, SIK menjelaskan, Tim Ops yang diperbantukan di wilayah Sigi bertitik fokus di Kecamatan Kulawi. Daerah tersebut menelan 22 orang korban jiwa serta jalan putus dan longsor.

“Tugas kita di sini bukan lagi evakuasi tetapi pembersihan pemulihan dan pengamanan di daerah tersebut,” ujarnya.(san/gp/hg)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar