Rabu, 23 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Operasi Otanaha Amankan Puluhan Kendaraan

Oleh Aslan , dalam Headline Metropolis , pada Jumat, 3 November 2017 | 09:43 WITA Tag: ,
  DIANGKUT - Sejumlah sepeda motor yang tidak memiliki dokumen lengkap diamankan Satlantas Polres Gorontalo pada operasi Zebra Otanaha 2017 di jalan trans Kecamatan Telaga, kemarin. Puluhan sepeda motor langsung diangkut menuju Mapolres Gorontalo.


TELAGA, Hargo.co.id – Puluhan kendaraan bermotor kemarin terjaring razia di kawasan pos Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) yang ada di Kecamatan Telaga. Puluhan kendaraan itu sendiri terjaring razia dalam operasi Zebra Otanaha 2017.

Pantauan Gorontalo Post, pada operasi kali ini, selain persoalan kelengkapan seperti helm, surat izin mengendara (SIM), maupun surat tanda nomor kendaraan (STNK), pihak Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo, turut melakukan penindakan terhadap kendaraan yang tidak menyalakan lampu utama. Padahal, maksud dinyalakan lampu utama tidak lain untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

BACA  Penanganan Gepeng di Gorontalo, Terkendala Rumah Singgah

Kapolres Gorontalo, AKBP melalui Kasat Lantas AKP Satrio Prayogo,SIK menjelaskan, sesuai dengan Pasal 107 Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan jalan, setiap pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor pada siang hari.

BACA  Thariq Modanggu Duga Ada Kesalahan Prosedur pada Pembayaran TKD

Meskipun pelanggaran tersebut masuk dalam kategori ringan, akan tetapi pihak kepolisian tetap menindak tegas tanpa terkecuali jika ada yang melanggar. “Kami sudah mensosialisasikan aturan menyalakan lampu disiang hari.

Sudah lama aturan ini diterbitkan, sekarang sudah bukan tahapan sosialisasi lagi. Kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai aturan ini, jadi kali ini sudah proses penindakan,” tegasnya.

BACA  Akses Menuju SDN 12 Tabongo Butuh Perhatian 

Ditambahkan pula, diharapkan agar masyarakat tidak menyepelekan aturan ini, karena hal tersebut tidak lain untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Ada kurang lebih 37 kendaraan bermotor yang berhasil kami tindak dan 10 diantaranya adalah pelanggaran karena tidak menyalakan lampu utama. Kami pada dasarnya berharap, agar para pengendara taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas,” pungkasnya. (TR-58/hg)


Komentar