Rabu, 12 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Operasi Pasar Langsung Diserbu Warga

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Jumat, 13 Januari 2017 | 17:55 WITA Tag:
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Mengantisipasi tingginya gejolak harga komoditi pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Gorontalo bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) Gorontalo akhirnya menggelar operasi pasar di pasar sentral Kota Gorontalo, kemarin, Selasa (10/1). Tak ayal setelah dibuka, langsung diserbu warga.

Sejatinya, ada tiga komoditi pangan yang dijual dengan harga yang lebih bersahabat, diantaranya beras premium, gula dan cabe rawit atau rica.

Pada operasi pasar ini, beras premium dijual dengan harga Rp 8.000 per Kg, gula dipatok dengan harga Rp 12.500 per Kg dan cabe rawit atau rica dijual dengan harga Rp 50 Ribu per Kg.

Kepala Sub Divre Bulog Gorontalo, Syamsudin, mengatakan, operasi pasar yang dilakukan Bulog bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Gorontalo ini tidak lain dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga akibat gejolak harga pada tiga komoditi pangan tersebut.

Seperti diketahui, lanjut Syamsudin, di sejumlah daerah terjadi gejolak harga akibat kenaikan harga rica yang menembus diatas Rp 100 Ribu per Kg,

“Nah, untuk meredam lonjakan harga pangan seperti diluar daerah akan terjadi di Gorontalo, makanya kami menggelar operasi pasar. Dan operasi pasar ini akan terus kami lakukan hingga gejolak harga komoditi pangan ini menurun,” ungkap Syamsudin usai operasi pasar, kemarin.

Bahkan jika diperlukan, operasi pasar seperti ini akan digelar setiap hari di pasar-pasar tradisional dan modern.

“Untuk sementara ini, kami fokus dulu di Kota Gorontalo,” tambah Syamsudin.

Operasi pasar yang kedua juga kembali dilakukan kemarin, Rabu (11/1). Kali ini akan digelar di pasar Moderen Liluwo, Kecamatan Kota Tengah.

Bulog bersama Disperindag Provinsi Gorontalo masih akan menjual tiga komoditi tersebut, yakni beras premium, gula dan rica.

Sebelumnya, pada operasi pasar tersebut cukup mengundang antusias warga. Meski tidak terjadi antrian, tiga komoditi pangan tersebut langsung ludes diserbu warga, terutama ibu-ibu, hanya dalam hitungan beberapa jam saja sejak dibuka pada pagi hari.

Ola, salah seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Kelurahan Limba U2 Kota Selatan mengaku sangat beruntung bertemu dengan pos operasi pasar Bulog-Disperindag. Ola langsung memborong gula 2 Kg dan rica setengah Kg.(axl/hargo)


Komentar