Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Operasi Pekat, Polisi Amankan Pemilik 2 Pil THD

Oleh Berita Hargo , dalam Features Metropolis , pada Senin, 2 Oktober 2017 | 02:50 Tag: , ,
  

GORONTALO, hargo.co.id– Dalam operasi penyakit masyarakat (Pekat), Polres Gorontalo Kota mengamankan salah seorang berinisial N warga Kelurahan Tanggikiki yang kedapatan membawa obat keras jenis Trihexyphendyl atau yang dikenal pil THD. Saat ini, polisi masih menelusuri hasil temuannya itu.

“Benar, jadi dalam operasi pekat kami mengamankan seorang yang menggunakan pil THD. Saat digeledeah, ditangannya ada 2 butir,” ujar Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Yan Budi Jaya, melalui Kasat Narkoba, AKP Handy Seno Nugroho, yang ditemui kemarin, Jumat (29/9).

Dikatakan Handy, obat Trihexyphenidyl atau pil THD ini digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan yang tidak normal dan tidak terkendali akibat penyakit parkinson atau efek samping obat. Namun, dalam berbagai temuan, obat jenis ini malah sering kali disalahgunakan dalam dosis yang tinggi.

“Sebenarnya obat ini hanya untuk penyakit parkinson, namum memang sering disalahgunakan karena efeknya juga mirip seperti Dextro (kandungan dalam komix dalam jumlah banyak,red),” tambah Handy lagi.

Menurut pengakuan N, obat tersebut diberikan oleh salah seorang rekannya untuk mengobati panyakit yang sedang dideritanya. Dikatakan Handy, pihaknya tidak akan langsung percaya sehingga pemiliknya langsung diamankan untuk pemeriksaan lanjutan.

“Dia (N,red) juga akan menjalani tes urine untuk memastikan bahwa dia tidak terindikasi menggunakan narkotika atau psikoterapika,” terang Handy. Jika tidak terbukti, yang bersangkutan hanya melalukan wajib lapor 2 kali sepekan hingga pendalaman temuan ini selesai. “Sebaliknya jika terbukti, prosesnya akan berlanjut,” tutupnya.(tr-57/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar