Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Optimalkan Pencegahan Covid-19, Lurah Ini Kerahkan RT/RW

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 15 Oktober 2020 | 21:05 WITA Tag: , ,
  Sinergi aparat Kelurahan Dulalowo Timur dengan unsur TNI-Polri dalam upaya pencegahan Covid-19 di wilayah setempat. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo tidak hanya dilakoni pemerintah ditingkat atas saja. Aparat pemerintahan sampai ke tingkat bawah, baik Kecamatan, Kelurahan hingga RT/RW juga ikut dikerahkan. Seperti yang dilakukan pemerintah kelurahan Dulalowo Timur. Upaya pencegahan Covid-19 sampai di level RT/RW dilaksanakan dengan bersinergi dengan jajaran dari unsur TNI-Polri.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh RT/RW untuk terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19. Pihak kami bersinergi dengan aparat kepolisian dan TNI, serta seluruh elemen dan organisasi masyarakat. Kami juga secara masif melakukan pendekatan kepada masyarakat, dalam menerapkan protokol kesehatan. Bahkan dalam pelaksanaan kegiatan kemasyarakatan, anjuran terhadap penerapan protokol kesehatan terus disosialisasikan kepada masyarakat,” ucap Lurah Dulalowo Timur, Iton Gani kepada wartawan.

BACA  Akhirnya, Warga di Tilongkabila Mulai Sadar Soal Protokol Kesehatan

Menurut Iton, di Kelurahan Dulalowo Timur diwajibkan bagi seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti pada pelaksanaan kegiatan pelatihan, yang tentunya melibatkan sejumlah masyarakat. Dimana pada pelaksanaan kegiatan tersebut, penerapan protokol menjadi kewajiban utama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

BACA  Tegakkan Protokol Kesehatan, Polisi Sisir Hingga ke Kelurahan

“Kalau tidak terapkan protokol kesehatan, kami bubarkan kegiatan itu,” tegas Iton.

Cara pendekatan dilakukan aparat kelurahan kepada masyarakat, tidak hanya sampai menyosialisasikan tetang bahaya Covid-19. Akan tetapi sampai dengan membagikan masker, kepada masyarakat. Misal, ketika dirinya sedang beraktivitas di luar kantor, dan melihat ada masyarakat tidak mengenakan masker, langsung diberikan imbauan dan diberikan masker.

BACA  Waspadai Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober

“Menurut saya, ini adalah cara yang sangat efektif, diantara kita saling mengingatkan dan saling menjalin silaturahmi. Dengan demikian, masyarakat yang telah diberikan peringatan atau imabauan, tentu akan melakukan hal yang sama pada orang lain,” ujar Iton.(HARGO)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar