Wednesday, 29 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Optimis Dilunasi, DPRD Masih Berhutang Fungsi Legislasi

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Saturday, 11 September 2021 | 06:05 AM Tags: , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik

Hargo.co.id, GORONTALO – Seperti yang diketahui bersama, DPRD memiliki tiga tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Ketiga fungsi tersebut yakni Fungsi Legislasi, Fungsi Budgeting dan Fungsi Pengawasan.

Terkait dengan itu, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) ternyata masih berhutang satu fungsi, yakni fungsi legislasi. Ini sebagaimana diungkapkan Wakil ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik ketika bertemu sejumlah awak media. 

“Kita DPRD, masih berhutang satu fungsi yakni fungsi legislasi yang sampai saat ini belum ada produk legislasi yang dihasilkan,” ungkapnya.

Namun demikian, kata Hamzah Sidik terhadap produk legislasi tersebut dipastikan akan ada pada 2021 ini. 

“Setidaknya sampai pada akhir tahun ada beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang selesai dibahas dan diketuk sebagai Peraturan Daerah (Perda),” kata Hamzah Sidik.

Untuk fungsi anggaran itu pasti dilaksanakan, seperti pembahasan perubahan anggaran yang sebelumnya juga telah membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022. 

“Apalagi terhadap fungsi pengawasan yang maksimal kami lakukan untuk kepentingan daerah dan jalannya pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Terhadap fungsi legislasi yang dimaksudkan masih terutang tersebut, kata Hamzah Sidik, pasti akan dilunasi, dan sesuai dengan informasi juga pihak Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Gorut telah melakukan berbagai persiapan dalam rangka pembahasan beberapa Ranperda yang telah masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda).

Sebelumnya juga telah disampaikan oleh Ketua Bapemperda DPRD Gorontalo Utara, Ridwan R. Arbie bahwa pihaknya telah melakukan persiapan dan telah dilaporkan kepada pimpinan DPRD untuk selanjutnya menunggu proses. 

Tak hanya itu saja, terhadap target pembahasan sendiri juga dapat dipastikan bahwa tahun 2021 ini akan ada hasil produk legislasi sesuai dengan yang ditegaskan oleh Ridwan. Hal tersebut tentu sejalan dengan yang disampaikan oleh Hamza bahwa pada tahun 2021 ini hutang dari fungsi legislasi tersebut dipastikan terbayar. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar