Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Optimis Pengelolaan DAK Capai 100 Persen pada Oktober

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 13 Mei 2021 | 18:05 Tag: ,
  Para pimpinan OPD yang ikut dalam rapat paripurna LKPJ, Senin (10/05/2021). (Foto : Alosius M. Budiman)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin optimis jika pada Oktober 2021 mendatang, pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai angka maksimal atau selesai 100 persen. Ini diungkapkan Indra Yasin ketika ditemui sejumlah wartawan usai mengikuti paripurna di DPRD.

“Sesuai hasil evaluasi, untuk pengelolaan DAK progresnya memang minim. Namun paling tidak kita bersyukur berada pada urutan ketiga saat ini. Sebelumnya memang untuk pengelolaan DAK, Gorontalo Utara pada posisi terakhir kemudian naik pada posisi 5 dan terakhir ini berada pada posisi 3 dan ke depan diharapkan dapat naik lagi,” ungkapnya.

Secara keseluruhan untuk 2021 ini, pengelolaan DAK sendiri telah mencapai 57 persen. Ada sebanyak 60 paket, dan  yang telah terkontrak sebanyak 33 paket. 

“Dalam artian tinggal pelaksanaannya dan sisanya itu dalam proses administrasi,” jelas Indra Yasin.

Dengan melihat posisi dan pencapaian dari pengelolaan DAK tersebut, Indra Yasin sangat yakin jika pada Oktober mendatang, dapat mencapai angka maksimal 100 persen. 

“Dengan melihat kondisi dan hasil dari pengelolaan DAK yang dilakukan oleh pada OPD, saya yakni Oktober mendatang dapat mencapai angka maksimal,” tegasnya.

Meskipun demikian, Indra Yasin mengaku bakal ada kendala-kendala dan mentoknya dari pengelolaan dapat mencapai 95 persen. Selain itu juga, dari orientasi dan progres dapat tercapai.

“Hal ini juga telah direview oleh pihak inspektorat dan kepada pihak dinas yang lengkap diharapkan dapat segera bergerak.” ujarnya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar