Minggu, 13 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pagu Anggaran Harus Relevan, Banggar DPRD Gorut  Pertajam Pembahasan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Selasa, 5 November 2019 | 15:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gorontalo Utara (Gorut) mengimbau agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak ke luar daerah. Itu berlangsung selama pembahasan anggaran di DPRD dilakukan, dan tetap ikut pembahasan tersebut.

Penegasan ini disampaikan Ketua DPRD Gorut, Djafar Ismail yang mana menurutnya kehadiran OPD pada pembahasan anggaran sangat penting. Pembahasan anggaran telah diawali oleh komisi dan terhadap catatan dari pembahasan tersebut telah disampaikan ke Banggar.

BACA  Listrik, Normalisasi Sungai dan Pertanian Dikeluhkan Warga

“Nantinya catatan tersebut juga akan lebih dipertajam lagi ketika dilakukan pembahasan di tingkatan Banggar. Untuk itu OPD diharapkan belum ada yang keluar daerah dan ikut dalam pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” ungkapnya.

Djafar juga menjelaskan, Banggar juga pada Senin (04/11/2019) telah melakukan pembahasan awal anggaran sekretariat DPRD bersama Sekwan dan juga jajarannya.

BACA  KPU Pohuwato Matangkan Persiapan Pendaftaran Kontestan Pilkada 

“Kita membahas anggaran yang ada di DPRD apa saja yang menjadi skala prioritas, mana yang emergensi dan lainnya,” jelasnya.

Nantinya kata Djafar, Banggar akan melihat sampai sejauh mana relefansi antara ketersediaan anggaran dengan program dan juga program prioritas dan yang lainnya.

BACA  Pemerintah Harus Lebih Serius Perhatikan Pelaku UMKM

“Berapa pagu anggaran yang telah ditetapkan oleh TAPD terhadap OPD, kemudian akan dilihat mana programnya, mana yang prioritas, mana yang sifatnya emergensi dan lainnya  yang pasti pembahasannya akan lebih dipertajam lagi. Pada dasarnya sudah ada RPJMD, Pagu anggaran masing-masing OPD sudah ada tinggal bagaimana relevansinya, itu yang akan dilihat,” tandasnya. (abk/hg)


Komentar