Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pahlawan Nani Wartabone Sempat Masuk Usulan dalam Pecahan Rupiah, Tapi….

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 20 Desember 2016 | 21:07 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Pahlawan Nasional asal Provinsi Gorontalo, Nani Wartabone rupanya ikut masuk dalam bursa sosok pahlawan dalam pecahan uang terbaru di Negeri ini.

Hanya saja beberapa pertimbangan membuat tokoh pejuang kemerdakaan Gorontalo, 23 Januari 1942 itu gagal menjadi pahlawan dalam pecahan rupiah.

Kepala Bank Indonesia perwakilan Gorontalo Suryono dihadapan wartawan sempat menyinggung kemungkinan pahlawan Nasional asal Gorontalo, Nani Wartabone.

BACA  Gubernur Gorontalo Respon Baik 'Curhatan' Pokja Pengadaan Barang dan Jasa

Menurut dia, pihaknya sebelumnya sudah mengusulkan sekuat tenaga memperjuangkan pahlawan Gorontalo, Nani Wartabone, masuk dalam pecahan uang rupiah yang baru dan telah memasukkan segala persyaratan yang ada.

Namun beberapa persyaratannya, lanjut Suryono, antara lain pertama; belum pernah masuk dalam mata uang kecuali proklamator; kedua, tidak menimbulkan kontroversi; dan ketiga mewakili keterwakilan daerah.

BACA  Target Ibadah Haji Tahun Depan, Warga Gorontalo Naik Sepeda ke Mekah  

Namun, untuk keterwakilan daerah sudah diwakili oleh pahlawan, Dr G.S.S.J. Ratulangi dari Sulut.

“Jadi pertimbangan itu ada beberapa. Khusus untuk daratan Sulawesi, sementara ini sudah diwakili Sam Ratulangi,” terangnya.

BACA  Pemeliharaan Ruas Jalan Gorontalo - Suwawa - Tulabolo Mulai Dikerjakan

Suryono mencontohkan untuk sosok pahlawan yang ada di Jawa, sudah diwakili oleh KH Idham Chalid.

“Seperti di Jawa sudah ada KH Idham Chalid, Frans Kaisiepo dari Papua, Herman Johannes dari NTT, Tjut Meutia dari Aceh. Mudah-mudahan, next (kedepan) Nani Wartabone sudah masuk,” pungkasnya. (ale/hargo)


Komentar