ramadan2024

ramadan2024

Pakar Epidemiologi: Ada 3 Skenario Prediksi Pandemi Berakhir Agustus

×

Pakar Epidemiologi: Ada 3 Skenario Prediksi Pandemi Berakhir Agustus

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi virus corona (CNN)
Ilustrasi virus corona (CNN)

Hargo.co.id, SURABAYA – Pakar epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Dokter Muhammad Atoillah Isfandiari, mengatakan, ada tiga skenario untuk mengungkap berakhirnya pandemi. Dari tiga skenario tersebut, Dokter Atoillah memprediksikan pandemi covid-19 di Indonesia akan berakhir pada Agustus.

hari kesaktian pancasila

Skenario pertama, dengan puncak pandemi yang terjadi saat ini, apabila masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, diprediksi angka orang terinfeksi covid-19 akan mulai landai pada akhir Juni 2020.

“Skenario kedua, kondisi sekarang ini akan ada lagi puncaknya, angka penderita akan semakin banyak. Bila skenario kedua terjadi diprediksi angka akan menurun sekitar bulan Juli sama seperti skenario awal,” kata Atoillah.

Example 300250

Skenario ketiga, mobilisasi sosial saat Iduladha. Arus massa yang mungkin sempat turun pada Juni atau Juli, bulan depannya akan kembali naik.

“Bila kondisinya seperti yang saya sampaikan tadi. Ketiganya skenario ini akan berakhir sekitar Agustus mulai melandai. Mungkin pandeminya memang tidak sampai tahun depan sudah selesai,” ujarnya. Sebagaimana dilansir JPNN.com (21/06)

Atoillah menegaskan, meski puncak pandemi di Indonesia diprediksi tidak sampai tahun depan.

Ramadhan 2024

Meski begitu, menurutnya, masyarakat harus membedakan adalah berakhirnya pandemi bukan hilangnya penyakit covid-19.

Pandemi merupakan masalah global di seluruh dunia. Saat ini di banyak negara sudah menunjukkan penurunan angka terpapar.

Jadi bila di sebagian besar negara sudah aman WHO akan segera mencabut status pandemi tersebut.

“Tetapi penyakitnya pasti masih ada dan akan ditemukan secara sporadik,” tegasnya. (ngopibareng/jpnn/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah di terbitkan oleh JPNN.com dengan judul: “Pakar Epidemiologi Prediksi Pandemi Berakhir Agustus“. Pada edisi Ahad, 21 Juni 2020.


hari kesaktian pancasila