Panipi Raya Pimpin DPRD Kabupaten Gorontalo, Strategi Pilkada?

Ilustrasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik dari pelantikan 35 anggota DPRD Kabupaten Gorontalo pada Senin (26/08/2019). Yakni, dua pimpinan sementara merupakan perwakilan dari Panipi Raya atau yang dikenal dengan Dapil Batudaa Cs. Bahkan terinformasi, jika unsur pimpinan milik Partai NasDem juga akan menyodorkan kader dari Dapil tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, dua pimpinan sementara DPRD Kabupaten Gorontalo yakni Syam T. Ase (ketua) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Irwan Dai (wakil ketua) dari Partai Golkar. Keduanya merupakan wakil rakyat dari Dapil Batudaa Cs.

Khusus Syam T. Ase, nampaknya bakal menjadi Ketua DPRD kabupaten Gorontalo secara definitif. Pasalnya, DPP PPP sudah mengeluarkan SK bagi kadernya yang duduk di unsure pimpinan. Sementara Irwan Dai, namanya masuk dalam daftar yang disodorkan ke DPP Partai Golkar.

Lalu bagaimana dengan kursi pimpinan milik Partai NasDem? Informasi yang beredar bahwa pemiliknya adalah Roman Nasaru yang juga berasal dari Dapil Batudaa Cs. Hal ini sempat diungkapkan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Gorontalo, Rustam Akili.

“Ya, kita usulkan pak Roman Nasaru. Kemungkinan direstui DPP Partai NasDem, karena hingga saat ini belum ada informasi adanya perubahan,” kata Rustam Akili singkat beberapa waktu lalu.

Apakah ini hanya kebetulan saja? Atau ada maksud tersembunyi dari Parpol pemilik kursi di unsur pimpinan? Ada juga yang berpendapat jika itu bagian dari strategi Pilkada 2020 untuk meraup suara dari Dapil yang mencakup tujuh kecamatan itu. Maklum, pada 2020 mendatang, Kabupaten Gorontalo akan menggelar Pilkada. (red)

-