Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Panitia Seleksi Calon Dewas Perumda Harus Profesional 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 3 April 2022 | 06:05 Tag: , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Eman Mangopa

Hargo.co.id. GORONTALO – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo, Eman Mangopa mengingatkan pemerintah daerah melalui Panitia Seleksi (Pansel) Calon Dewan Pengawas Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Limutu selaku penyelenggara benar-benar melakukan seleksi dengan baik dan benar.

 “Lakukan seleksi dengan baik dan benar, kata kunci integritas pemerintah daerah lahir dari menjaga netralitas dan tidak berpihak dalam proses tahapan seleksi Dewan Pengawas Perumda Tirta Limutu, Ingat harus profesional,” kata Eman, Jumat (01/04/2022). 

Dirinya menilai jika Pansel Calon Dewan Pengawas Perumda Tirta Limutu tidak bisa menjaga netralitas dalam proses tahapan seleksi, maka kesalahan itu dapat berpengaruh pada pelayanan masyarakat.

Karena itu, menurut Eman, pemerintah dalam melaksanakan seleksi calon harus berdasarkan aturan yang berlaku, seperti Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah, Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pendirian Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Limutu. 

“Jangan ada lagi kesalahan yang sama seperti tahun-tahun kemarin, setelah dewan pengawas terpilih malah dipersoalkan ini dan itu, saya di sini hanya sekedar mengingatkan,” pesan Eman. 

Ia juga menegaskan, jika yang dilakukan adalah bagian dari amanah atau tugas sebagai wakil rakyat untuk mengawasi kerja pemerintah eksekutif. Bukan sebaliknya, mencari-cari kesalahan seperti mendiskreditkan pemerintah. 

“Yang saya jalankan tugas dan kewajiban yang melekat pada diri saya sebagai wakil rakyat. Bukan karena alasan lain, seperti mendiskreditkan pemerintah. Tidak,” tegas Eman. 

Ia lantas berpesan siapa pun yang terpilih menjadi Dewan Pengawas Perumda Tirta Limutu dapat menjaga amanah dengan baik serta mampu menjalankan tugas dan memberikan kontribusi bagi daerah. “Pesan saya siapapun yang terpilih dapat bekerja dengan baik dan benar. Jalan tugas sesuai amanah, bangun daerah dengan kerja-kerja berkualitas,” pungkas Eman. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar