Kamis, 9 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pansus Pacu Tiga Ranperda, Target Disahkan Akhir 2021

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 18 November 2021 | 00:05 AM Tag: , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Hendra Abdul

Hargo.co.id, GORONTALO – Panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Gorontalo memacu pembahasan tiga Ranperda. Ketiga Ranperda yang merupakan usul inisiatif DPRD itu, target disahkan pada akhir 2021. 

Ini diungkapkan Ketua Pansus, Hendra R Abdul, Selasa (15/11/2021) yang mana dikatakan bahwa Pansus diamanahkan untuk bahas sebanyak tiga Ranperda. Walaupun diakui pembahasan Ranperda ini berat, namun Pansus berkeyakinan jika pembahasan ini bisa diselesaikan sesuai target. 

“Tiga ranperda adalah perlindungan, pengembangan budaya artefak di Gorontalo, Ranperda penggunaan jalan umum dan jalan khusus hasil pertambangan dan perkebunan dan yang ketiga adalah Ranperda penyelenggaraan sistem pengelolaan air minum.  Memang tiga Ranperda ini adalah tiga ranperda berbeda dan ini merupakan perdana tim Pansus melakukan rapat dengan OPD terkait,” ungkap Hendra Abdul. 

Lanjut dikatakan Hendra Abdul, dalam rapat perdana tersebut, Pansus baru sebatas memberikan gambaran dan pengantar terkait Ranperda usul inisiatif DPRD kepada OP terkait dan dimintakan saran dan pendapatan sebagai masukan pada pembahasan berikut. 

“Kami menargetkan pembahasan sebanyak tiga kali sebelum dirampungkan dan diketuk menjadi perda, yakni pada pembahasan tanggal 22 dan 29 November serta awal desember akan ditetapkan menjadi sebuah perda,” jelas Hendra Abdul. 

Lanjut dikatakan Hendra, metodenya setelah dipaparkan gambaran awal setelah itu akan memberikan materi yang menjadi usul prakarsa DPRD itu kepada OPD terkait dan OPD terkait akan membahasnya secara internal selama sepekan ke depan dan tim pansus dengan tim ahli pun akan membahasnya secara internal. 

“Setelah OPD dan tim pansus membahasnya secara internal di masing-masing akan bertemu kembali pekan depan untuk membahas apa yang sudah dibahas di masing-masing internal,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar