Paris Jusuf dan Kris Wartabone Pimpin DPRD Provinsi Gorontalo

Ilustrasi. Kantor DPRD Provinsi Gorontalo.

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Partai Golkar sudah ambil keputusan. Tapi untuk jangka pendek. Untuk kepentingan DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo. Pasca pelantikan 45 anggota Deprov. Periode 2019-2024. Yang akan dilantik 9 September mendatang.

Keputusannya ; menunjuk Paris Jusuf Ketua Deprov sementara periode 2019-2024. Masa tugasnya, sampai pimpinan DPRD definitif terbentuk. Sekretaris DPRD Provinsi Sul Moito mengatakan, surat keputusan DPD I Golkar Gorontalo menunjuk Paris Jusuf Ketua DPRD sementara, telah diserahkan partai Golkar ke Sekretariat DPRD, Selasa (03/09/2019).

“Sudah. Sudah masuk kemarin,” kata Sul Moito.

Sebelumnya, PDIP juga sudah menyerahkan surat keputusan partai. Menetapkan Kris Wartabone sebagai Wakil Ketua DPRD sementara.
Jadi, di awal masa tugasnya, Deprov periode 2019-2024 akan dipimpin dua orang pimpinan sementara yaitu Paris Jusuf dan Kris Wartabone.

Paris Jusuf yang kini sedang menduduki jabatan Ketua Deprov periode 2014-2019, adalah caleg terpilih Golkar dari dapil III atau Kabupaten Gorontalo A meliputi wilayah Batudaa cs, Limboto cs dan Telaga cs. Di partai, dia menduduki posisi Sekretaris DPD I Golkar.

Sementara Kris Wartabone, caleg terpilih PDIP dari dapil II yaitu kabupaten Bone Bolango. Kris Wartabone adalah Ketua DPD PDIP Gorontalo.
Sul Moito mengatakan, dua pimpinan sementara diambil dari partai pemenang pertama dan kedua. Yaitu Golkar dan PDIP.

Setelah anggota Deprov baru dilantik, pimpinan DPRD sementara punya tugas utama. Yaitu memfasilitasi pembentukan alat kelengkapan DPRD (AKD). Yaitu Komisi, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Badan Musyawarah, Badan Kehormatan dan Pimpinan DPRD definitif.

DPRD tidak bisa bekerja sebelum alat kelengkapan DPRD itu terbentuk.
Selain memberikan kepastian penetapan nama pimpinan sementara, Sul Moito juga memastikan, SK pelantikan 45 anggota Deprov periode 2019-2024 telah diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri. Surat itu diterbitkan 2 September. Dan baru diserahkan 4 September.

“SK-nya sudah diterima Biro Pemerintahan di Jakarta. Kasubag kepegawaian Setwan ikut mendampingi Biro Pemerintahan,” tandasnya.

Pelantikan 45 anggota DPRD periode 2019-2024 akan berlangsung di ruang sidang utama Deprov pada Senin 9 September, pekan depan.
Dari 45 anggota DPRD itu, 19 wajah lama dan 26 wajah baru. (gp/hg)