Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pariwisata Boalemo Optimis Dapat Capai Target PAD

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Selasa, 23 November 2021 | 22:05 PM Tag: , ,
  Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Boalemo, Yakop Yusuf Musa, S.Sos.,MM. (Foto : Abdul Majid Rahman/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Boalemo, Yakop Yusuf Musa, optimis jika di tahun ini, pihaknya dapat melampaui target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata. 

Sebelumnya dikatakan mantan Plh. Sekda Boalemo ini, pariwisata adalah salah satu sektor yang paling mengalami dampak buruk, akibat Virus Corona 2 Tahun terakhir, terhitung sejak awal 2020.

“Dan memang, bukan hanya di Boalemo. Tapi hampir di seluruh Indonesia dan Negara-negara lainnya, turut terdampak Covid-19,”kata Yakop di ruang kerjanya, Senin, (22/11/2021).

Namun, patut disyukuri kata Yakop, seiring berjalannya waktu terakhir ini, jumlah kasus Covid-19 mulai menunjukan penurunan. Termasuk Boalemo sendiri, sudah dinyatakan zona hijau. Untuk PPKM sudah berada di level 2.

“Alhamdulillah, animo masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata mulai naik lagi. Namun tetap kita ingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin di tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Dikatakan Yakop, seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan pulau, alhasil PAD Boalemo ikut membaik. Ia mengatakan, dari target yang ditetapkan Tahun ini sebesar Rp 175 juta, setidaknya sudah mencapai 94 persen, atau sekitar Rp 165 juta.

“Karena itu, kita tetap optimis pada akhir 2021, bisa melampaui target yang ada. Sebenarnya target PAD yang diberikan ke kita itu sebesar Rp 350 juta. Namun, karena keadaan belum memungkinkan di masa pandemi, sehingga dikoreksi melalui pembahasan APBD Perubahan, menjadi Rp 175 juta,” ungkapnya.

Yakop menyebut, objek wisata Bolihutuo yang paling banyak menyumbangkan PAD. Adapun menyangkut kekurangan di objek satu ini, lanjutnya, sedang diseriusi bersama.

“Harapan di 2022 nanti, semuanya kembali normal. Begitu juga dengan berbagai fasilitas di objek wisata Bolihutuo, bagi saya pemeliharaannya sangat penting. Karena ada-ada saja tamu-tamu yang datang untuk memanfaatkannya. Tentunya, itu menjadi poin dan pendapatan bagi Daerah,” pungkasnya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar