Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pasang Bendera, Beto Goncalves: Saya Hormat dengan Negara Indonesia

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Rabu, 18 Agustus 2021 | 12:05 Tag: , ,
  Alberto ’’Beto’’ Goncalves memasang bendera Merah Putih di depan rumahnya. (Dok Alberto ’’Beto’’ Goncalves)

Hargo.co.id, SOLO – Alberto ’’Beto’’ Goncalves lahir dan tumbuh di Brasil. Tapi, sejak 2018, dia berstatus WNI. Dia pun sangat paham hari ini Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke-76.

Sebagai wujud cintanya kepada Indonesia, Beto pun melakukan perayaan. Apa itu? ’’Saya membeli lampu warna-warni. Terus saya juga beli bendera merah putih yang baru. Bendera dan lampu itu saya pasang di depan rumah,’’ kata pemain Persis Solo tersebut saat dihubungi Jawa Pos.

Beto kini tinggal di Solo. Striker yang beberapa kali menjadi top scorer Liga Indonesia itu menyewa sebuah rumah di salah satu perumahan elite.

Dia merasa harus ikut meramaikan hari kemerdekaan. Sebab, meski punya darah Brasil, Beto sudah jatuh cinta dengan Indonesia.

’’Saya tahu besok (hari ini, Red) adalah momen penting. Saya hormat dengan negara Indonesia,’’ jelas pemain 40 tahun itu.

Ini adalah kali pertama Beto melakukan ritual pasang bendera. Sebab, selama membela Madura United, dia tinggal di apartemen. Kondisi yang membuatnya mustahil memasang bendera.

Kini, dengan adanya bendera di depan rumah, rasa nasionalisme Beto kian kuat. Malah, sesekali dia mencium bendera merah putih.

Selain itu, adanya bendera membuat Beto rindu mengumandangkan Indonesia Raya. Beto memang sudah fasih menyanyikan lagu nasional tersebut.

Maklum, salah satu syarat menjadi WNI adalah harus sudah hafal Indonesia Raya. Selama ini, Beto sering menyanyikan Indonesia Raya saat membela timnas.

Kini, karena jarang mendapat panggilan timnas, Beto tidak pernah mengumandangkannya. ’’Sudah lama saya tidak menyanyikan Indonesia Raya. Tapi, saya masih hafal liriknya dari awal sampai akhir,’’ ungkap mantan penggawa Arema, Persipura, dan Sriwijaya FC itu.

Dia pun tidak akan segan menyanyikan lagu kebangsaan itu hari ini.

Beto senang dengan perayaan kecil di rumahnya. Dia berharap ke depan Indonesia bisa menjadi negara yang disegani dalam urusan sepak bola.

’’Semoga negara Indonesia semakin maju sehingga sepak bolanya juga semakin maju. Semoga kita bisa menjadi negara (sepak bola) yang kuat. Dan, saya berharap Indonesia bisa menjuarai Piala AFF,’’ ucap Beto.(JawaPos.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Pasang Bendera, Striker dari Brasil Rindu Kumandangkan Indonesia Raya“. Pada edisi Selasa, 17 Agustus 2021.
(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar