Jumat, 18 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pasien TBC RS Tombulilato Meningkat

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Metropolis , pada Kamis, 12 April 2018 | 11:26 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id – Pasien penderita penyakit TBC ( Tuberculosis) yang dirawat di Rumah Sakit Tombulilato saat ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sayangnya, hal ini tidak didukung oleh fasilitas ruang perawatan yang memadai. Salah satunya ruang isolasi untuk TBC Jauh dari standar kelayakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Pantauan awak koran ini, Kepada Gorontalo Post, Direktur R.S Tombulilato Dr. Milyadi Maksum mengatakan, bahwa rumah sakit yang dipimpinya mendapat peringkat kedua se Provinsi Gorontalo untuk cakupan penemuan penderita TBC.

BACA  Jual Trihexyphenidyl, Seorang Pria di Bone Bolango Diringkus Polisi

Paling tinggi kata Milyadi Maksum adalah dari Kota Gorontalo. Untuk Rumah Sakit Tombulilato sendiri di tahun 2017 berjumlah 88 pasien. Kemudian untuk Triwulan 1 tahun 2018 jumlah yang ditangani 20 pasien, kesemuanya dirawat dalam ruangan isolasi yang masih jauh dari standar ruangan yang harus diberikan.

BACA  Bupati Tutup Tempat Wisata di Gorontalo Utara untuk Sementara

Dr. Milyadi juga menambahkan, beberapa hal yang perlu dibenahi dalam ruangan, milyadi menjawab yang perlu dibenahi adalah terutama dalam hal fisik, mesti ada paparan sinar matahari langsung, jendela harus terbuka secara vertikal.

“Bahkan bila perlu dipasang exhaust fan untuk menarik udara dari dalam ruangan keluar, dan sekarang ruangan itu masih belum memenuhi standar tersebut.,”jelas Milyadi. Lebih lanjut Milyadi pihaknya belum melakukan koordinasi dengan Pemda Kabupaten Bonebol maupun Provinsi Gorontalo.

BACA  Warga Datahu Kebanjiran Saat Rayakan Lebaran Ketupat 

“Saya berharap dukungan pemerintah daerah baik kabupaten dan propinsi sangat diharapkan demi terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu, berkualitas dan mengutamakan keselamatan pasien (patient safety). Bila masyarakat sehat maka produktifitas akan terjaga dan bisa mencegah bertambahnya jumlah masyarakat miskin di Bone Bolango,”tandasnya. (Tr 59/hg)


Komentar