Pastikan Ikut Pilkada Pohuwato, Saipul Mbuinga Berharap Dukungan PAN

Ketua DPC Partai Gerindra Pohuwato Saipul A Mbuinga saat menyerahkan berkas pendaftaran penjaringan Calon Kepala Daerah kepada Ketua Tim Pemenangan Pilkada PAN, Mohamad Afif, Rabu (06/11/2019).

Hargo.co.id, GORONTALO – Meskipun hanya satu kursi di DPRD Pohuwato, namun Partai Amanat Nasional (PAN), diperhitungkan. Buktinya, saat membuka penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, Ketua DPC Partai Gerindra, Saipul Mbuinga tak ingin ketinggalan.

Perlu disampaikan bahwa hasil Pemilu legislatif 2019 lalu, Partai Gerindra hanya merebut empat kursi di Parlemen Bumi Panua (sebutan lain DPRD Pohuwato). Jumlah itu ternyata tak cukup untuk mengusung satu pasangan di Pilkada 2020.

Alasannya, untuk mengusung satu pasangan, Parpol atau gabungan Parpol minimal memiliki 20 persen kursi di parlemen. DPRD Pohuwato kini memiliki 25 kursi, sehingga jika ingin mengusung minimal punya lima kursi di parlemen.

Guna mencukupkan kursi milik Partai Gerindra, Saipul A Mbuinga ikut penjaringan PAN, dengan koalisi bisa terbangun. Itu juga menggenapkan dukungan yang mana Partai Gerindra (4 kursi) dan PAN (1 kursi).

Saiful A Mbuinga mengembalikan formulir pada Rabu (06/211/2019) yang diterima langsung oleh Ketua Tim Pemenangan Pilkada DPD PAN Pohuwato, Mohamad Afif. Pada kesempatan itu, Mohamad Afif mengungkapkan, peluang PAN untuk menjadi partai pendukung Saipul Mbuinga cukup besar. Alasannya, dari dua figur yang mengambil formulir penjaringan, hanya Saipul Mbuinga yang mengembalikan.

“Alhamdulillah, hari ini pak Saipul  telah mengembalikan berkas pendaftaran calon kepala daerah. Berbicara peluang lolos tidaknya beliau dalam penjaringan ini, kami rasa sudah di angka 70 persen. Karena kami pun melihat ada keseriusan Gerindra untuk menjalin koalisi dengan kami. Sehingga ini yang kemudian menjadi salah satu faktor kami untuk membuka ruang bagi Gerindra di Pilkada nanti,” katanya.

Sementara itu, Saipul Mbuinga menegaskan bahwa pengembalian berkas ini merupakan bentuk keseriusan dirinya dan Partai Gerindra untuk maju di Pilkada Pohuwato 2020 nanti. Untuk itu, selain penjaringan Partai PAN, dirinya juga tengah menanti penjaringan yang akan dilakukan partai politik lainya.

“Memang ada beberapa partai politik yang juga sudah menyatakan siap merapat. Hanya saja, kami pun tetap akan mengikuti proses penjaringan yang akan dilakukan. Kami pun tentu akan masuk di sana, jika diberi ruang,” pungkas Saipul Mbuinga. (ryn/hg)

-