Tuesday, 21 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Paus Orca Terlihat Lagi di Perairan Taludaa

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Monday, 13 March 2017 | 11:29 AM Tags: , , , ,
  

GORONTALO – Hargo.co.id Paus orca (Orcinus orca) kembali terlihat di perairan Taludaa, Teluk Tomini, kemarin, Minggu (12/3) pagi.Paus orca ini muncul tidak jauh dari pantai, hanya sekira 200 meter.

Sedikitnya, ada empat warga Bilolandunga, Bone Raya, melihat kemunculan paus orca pada pukul 08.00 Wita.Menurut sejumlah sumber yang dirangkum Gorontalo Post, lokasi kemunculan paus orca tidak jauh namun yang melihat tidak sempat merekam atau pun memotret paus orca tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (DPP ISKINDO), Verrianto Madjowa mengungkapkan, sebelumnya telah terekam dan diberitakan paus orca berenang di dekat tubir karang dengan jarak 50 sampai 200 meter di perairan Olele.

Ada pula paus orca yang dilepas dari jaring kapal penangkap ikan pajeko sekitar 15 mil dari Taludaa, Bone Bolango (Bonbol). “Selama ini, belum ada laporan ilmiah tentang keberadaan paus orca di Teluk Tomini.

Nanti setelah rekaman video Yunus Besi (Nunun) barulah terungkap bahwa di Teluk Tomini sebagai jalur migrasi paus Orca,” ujarnya. Verrianto juga mengatakan, paus orca sendiri termasuk dalam 31 mamalia laut yang telah teridentifikasi di perairan Indonesia.

Orca adalah nama dalam bahasa Inggris. Nama dalam bahasa Indonesia, disebut paus pembunuh. Nama lokal paus orca dalam bahasa Gorontalo paupausu.

“Dari 31 spesies cetacean ini, terdapat 17 spesies paus, termasuk paus orca, sehingganya kemunculan paus ini perlu mendapatkan perhatian serius, dan penelitian lebih lanjut tentang kondisi laut teluk tomini,” tandasnya. (tr-45/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar