Rabu, 1 April 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pedagang Kaki Lima Rasakan Keuntungan di Festival Danau Limboto

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Minggu, 24 September 2017 Tag: ,
  


Hargo.co.id LIMBOTO – Kegiatan Festival Danau Limboto yang digelar di lokasi wisata Pentadio Resort sejak tanggal 21 hingga 25 September ini, memberi keuntungan tersendiri bagi masyarakat.

Khususnya bagi para pedangan kaki lima yang ada di sekitar lokasi Pentadio Resoart. Para pedagang kaki lima ini bisa meraup keuntungan hingga tiga kali lipat dari biasanya.

Anton, salah satu pedagang mengaku sangat bersyukur dengan adanga kegiatan ini, sebab dari kegiatan ini dirinya bisa meraup keuntungan dari pengunjung yang datang ke lokasi, bahkan menurutnya pedapatan yang diperoleh dari hasil jualannya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Jumlah ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

” Selama kegiatan ini berlangsung, setiap hari kami bisa memperoleh keuntungan penjualan antara 300 hingga 750 ribu per harinya. Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan seperti ini.” ujarnya.

Anton juga tidak menampik bahwa banyak juga pengunjung yang datang hanya sekedar mampir dan bertanya-tanya tentang harga barang, namun hal ini tidak berpengaruh pada jualannya. Sedangakan menyangkut harga, dirinya tidak mematok harga yang diluar dari jangkauan pembeli.

Hal senada juga disampaikan Maryam, salah satu pedagang makanan. Menurutnya banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan Festifal Danau Limboto. Meskipun hanya menggunakan lapak kecil untuk berjualan, namun penghasilan yang diperoleh sangat memuaskan.

” Kami terpaksa harus menyediakan stok makanan yang lebih, sebab banyak pengunjung yang hendak makan di warung kami,” Kata Maryam

Festifal Danau Limboto merupakan agenda tahunan yang digelar pemerintah Kabupaten Gorontalo, dan untuk tahun ini pemerintah daerah sengaja membuat acara ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan pemerintah daerah memberikan ruang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan momen ini.

Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Gorontalo, Haris Tome mengatakan Kegiatan ini dibuat untuk kepentingan masyarakat, sehingga bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan momen ini, pemerintah daerah sudah menyediakan lokasi, bahkan bagi para pengunjung yang datang kelokasi kegiatan, oleh pemerintah di bebaskan dari biaya tiket masuk.

” Kita ingin acara ini disaksikan oleh masyarakat luas, sehingga tidak ada pungutan biaya masuk bagi pengunjung. Selain itu kita juga sudah menyiapkan lokasi tersendiri bagi para pedagang yang berjualan di lokasi Pentadio Resort.” Ujar Haris (rg/hargo)