Rabu, 20 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pejabat Publik Harus Jadi Teladan Protokol Kesehatan

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Minggu, 27 Desember 2020 | 01:05 WITA Tag: , ,
  Tetap disiplin protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan. Foto: Ricardo/JPNN.com


Hargo.co.id, JAKARTA – Satgas Penanganan COVID-19 meminta pejabat negara di pusat sampai ke jajaran terendah untuk menjadi teladan bagi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Pasalnya, Satgas COVID-19 memandang bahwa sejauh ini masih ada sejumlah oknum pejabat yang belum mematuhinya.

“Keteladanan dari para pejabat itu penting sekali dan kami berkali-kali mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 Sonny Harry B Harmadi dalam webinar Milenials Againts COVID-19 Tahun Baru Ubah Laku, Sabtu (26/12).

BACA  13 Januari, Jokowi dan Para Menteri Disuntik Vaksin Sinovac

Sonny mengatakan banyak sekali pejabat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan. Pihaknya bahkan sudah berulang kali menegur mereka.

“Memang belum semua pejabat publik kita itu yang patuh terhadap protokol kesehatan. Sebagai contoh, ketika bicara maskernya dibuka, ya. Padahal harusnya ketika bicara, risiko penularannya menjadi lebih tinggi,” kata Sonny.

Menurut Sonny, Satgas COVID-19 di berbagai kesempatan juga sudah mengingatkan para pejabat publik, baik di level nasional maupun daerah agar memberikan contoh yang baik kepada rakyatnya.

BACA  Raffi Ahmad Mengaku Siap Divaksin Bareng Presiden Jokowi

Sebab, berdasarkan survei, perilaku yang diadaptasi oleh masyarakat berasal dari apa yang dicontohkan para pemimpin maupun pejabat publik.

“Contoh itu penting sekali. 20 persen ketidakpatuhan masyarakat itu lebih disebabkan karena tidak adanya teladan dari para pemimpin,” kata Sonny.

Karena itu, apabila pejabat mencintai rakyatnya, maka seharusnya mereka memberikan contoh yang baik.

BACA  Distribusi Vaksin Covid-19 Dilakukan Secara Bertahap

“Bahwa keteladanan para pejabat publik amat sangat penting di dalam mendorong kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” tandas Sonny.(jpnn/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul: “Satgas COVID-19 Minta Pejabat Publik Jadi Teladan Protokol Kesehatan“. Pada edisi Sabtu, 26 Desember 2020.

Komentar