Minggu, 4 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pekerja Gaji di Bawah Rp 3,5 Juta Bakal Dapat Subsidi Rp 600.000

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:05 Tag: , , , ,
  Menteri Keuangan Sri Mulyani (DOK. MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

Hargo.co.id, JAKARTA – Pemerintah memutuskan akan memberi bantuan subsidi upah kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan. Bantuan ini diberikan sebagai bagian dari bantalan sosial pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, subsidi upah akan diberikan kepada 16 juta pekerja dengan nilai bantuan sebesar Rp 600.000.

Dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Senin (29/8/2022),Sri Mulyani menyampaikan alokasi dana sebesar Rp 9,6 triliun disiapkan untuk bantuan subsidi upah sebesar Rp 600.000 selama 1 bulan bagi 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan.

Selain bantuan bagi para pekerja, pemerintah juga akan mengucurkan dana sebesar Rp 12,4 triliun kepada 20,65 juta kelompok penerima manfaat. Setiap kelompok penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600.000 yang diserahkan dalam dua gelombang.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan subsidi sektor transportasi sebesar Rp 2,17 triliun bersumber dari 2% Dana Transfer Umum (DTU) yang berasal dari APBN (DAU dan DBH). Subsidi sektor transportasi nantinya akan diberikan kepada sopir angkutan umum, ojek, hingga nelayan.

Sri Mulyani juga menyebut, target sasaran perlindungan sosial dan subsidi ini dipastikan harus tertuju bagi masyarakat yang paling rentan dan tidak mampu.

Hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah untuk meminimalisir subsidi energi yang menurut catatan banyak dinikmati orang mampu.

“Sementara subsidi yang justru dinikmati oleh masyarakat yang paling mampu perlu dialihkan ke yang paling membutuhkan,” ujarnya.

Menkeu berharap, bantuan ini dapat mengurangi kemiskinan di tengah dunia yang dihadapkan pada
kenaikan harga pangan dan energi yang cukup tajam.

Untuk diketahui, pemerintah berencana menaikan harga BBM subsidi guna mengurangi beban APBN yang kini telah tembus Rp 502 triliun. Alokasi itu diproyeksikan akan bertambah menjadi Rp 700 triliun apabila harga BBM tidak dinaikan.(JawaPos.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Pekerja Gaji di Bawah Rp 3,5 Juta Bakal Dapat Bantuan Rp 600.000“. Pada edisi 31 Agustus 2022.
(Visited 72 times, 1 visits today)

Komentar