Sabtu, 5 Desember 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pekerja Terdampak Covid-19 Terima Bantuan dari BPJAMSOSTEK

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial , pada Kamis, 5 November 2020 | 22:05 WITA Tag:
  Kabid Kepesertaan BPJAMSOSTEK Cabang Gorontalo, Aris Gunawan menyerahkan bantuan paket sembako kepada pekerja di salah satu perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan, Selasa, (03/11/2020).


Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Gorontalo kembali menyerahkan bantuan bahan pangan bergizi berupa paket sembako kepada pekerja atau karyawan diperusahaan yang terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, Selasa, (03/11/2020).

Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian BPJAMSOSTEK kepada pekerja di masa pandemi Covid-19. Penyerahan bantuan bahan pangan bergizi diserahkan kepada 7 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria tersebut diantaranya; perusahaan tertib administrasi kepesertaan, tidak menunggak iuran, menjadi peserta BPJAMSOSTEK paling singkat 3 tahun, upah yang terlapor minimal UMP dan tidak termasuk dalam perusahaan daftar sebagian tenaga kerja.

Adapun ketujuh perusahaan tersebut masing-masing adalah Anisa Rumah Muslimah, Toko Aneka Tukang , Toko Kue Mawar, Render Tech Production, Square Gorontalo, Meranti Hotel dan Meubel Sinar Kumala.

BACA  Raker Dewan Pengurus Korpri Diharap Hasilkan Program Strategis

Sementara paket bahan pangan bergizi tersebut sebanyak 60 paket yang terdiri dari beras 5kg, minyak goreng 1 liter , gula pasir 1kg dan ikan sardines 1 kaleng. Dengan demikian total sembako tersebut sebanyak 300 Kg beras, 60 Liter minyak goreng, 60 kg gula dan 60 pcs ikan kaleng.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Gorontalo, Hendra Elvian mengatakan, pemberian paket sembako ini dalam rangka kegiatan promotif preventif BPJS Ketenagakerjaan tahun 2020 dan sebagai wujud kepedulian serta mendukung pemerintah dalam membantu masyarakat khususnya pekerja di perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19.

Kegiatan ini merupakan salah program kami di tahun 2020 sebagai tindakan promotif preventif BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung pemerintah dalam membantu masyarakat khususnya para pekerja di Gorontalo, ujar Hendra Elvian.

BACA  BPJAMSOSTEK Maksimalkan Layanan Klaim JHT Kolektif

Dirinya menjelaskan, perusahaan yang mendapatkan bantuan ini merupakan perusahaan yang terkena dampak Covid-19 dimana para pekerjanya ada yang dirumahkan sebagian ataupun upah yang diterima pekerja diperusahaan tersebut tidak penuh, namun tetap membayar iuran BPJAMSOSTEK.

Hendra Elvian berharap dengan adanya kegiatan ini para pemberi kerja, pekerja dan pemerintah daerah dapat mendukung implementasi perlindungan tenaga kerja di Provinsi Gorontalo.

Kami berharap kedepannya Pekerja, pemberi kerja dan pemerintah daerah, dapat lebih memahami manfaat yang telah kami berikan sehingga dapat mendukung kami dalam pelaksanaan perlindungan tenaga kerja di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo, tutup Hendra Elvian.

BACA  Pemprov Gorontalo Dapat Pinjaman Rp 33,4 Miliar dari PT SMI

Sampai dengan saat ini terdapat 4 Program BPJAMSOSTEK yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun. Bagi perusahaan mikro/ kecil maupun PekerjaMandiri bisa mengikuti 2 Program saja yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian hanya membayar Iuran Rp.16.800 perbulan setiap orang. Dan apabila terjadi risiko kecelakaan kerja pastinya seluruh biaya pengobatan akan ditanggung penuh oleh BPJAMSOSTEK serta2 orang anak peserta akan mendapat beasiswa dari TK/SD hingga kuliah di perguruan Tinggi. Total beasiswa yang diberikan sebesar Rp.174 juta, sementara untuk santunan kematian atau meninggal dunia minimal Rp. 42 juta.(adv/lyd/hg)


Komentar