Senin, 25 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelabuhan Anggrek Dapat Mengembangkan Segala Potensi dan SDM

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 4 Oktober 2021 | 02:05 AM Tag: ,
  Wakil Ketua, DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran saat menghadiri acara di Pelabuhan Anggrek belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Gorontalo Utara (Gorut), harus siap seiring pengembangan Pelabuhan Anggrek yang saat ini mulai dilaksanakan. Maklum, pengembangan pelabuhan tersebut bakal menyerap tenaga kerja jumlahnya yang tak sedikit.

Ini ditegaskan Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran guna menanggapi pengembangan Pelabuhan Anggrek oleh PT AGIT yang seremonialnya dilaksanakan belum lama ini. Menurutnya, nantinya pelabuhan membutuhkan tenaga kerja yang jumlahnya tidak main-main, sampai ratusan ribu jumlahnya. 

“Dan untuk itu, tentu SDM daerah, harus siap untuk menghadapi itu, karena jumlah tenaga kerja yang nanti akan terserap sampai ratusan ribu, dan tenaga kerja lokal harus siap untuk itu,” kata Roni Imran.

Lanjut katanya, dalam pengembangan pelabuhan tersebut dalam jangka waktu yang cukup panjang. Namun dalam jangka waktu yang mungkin sampai 5 tahun kedepan, manfaatnya sudah mulai terasa. 

“Dengan dibangunnya fasilitas pelabuhan, dalam jangka waktu yang pendek beberapa tahun kedepan mungkin 5 tahun kedepan sudah mulai terasa,” ujarnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa pelabuhan merupakan pintu ekonomi dan dunia mengakui itu, sehingga Gorontalo Utara kedepan akan menjadi sentrum pengembangan ekonomi Indonesia Timur. 

“Selain itu, Gorontalo Utara akan menjadi potret Indonesia bagian utara,” jelasnya.

Guna menghadapi hal tersebut, daerah juga harus siap, terutama dengan berbagai potensi yang dimiliki. Seperti produksi pertanian yang harus dilipat gandakan dalam rangka memenuhi kebutuhan muatan yang ada di pelabuhan. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar