Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelaku Usaha Masih Sulit Dapatkan Dana KUR

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 29 April 2016 | 14:05 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Kredit usaha rakyat (KUR) diluncurkan pemerintah untuk menopang pelaku usaha mikro. Namun pada kenyataannya, cita-cita tersebut belum bisa direalisasikan mengingat kini sasaran KUR hanya diperuntukkan pada usaha yang jelas-jelas saja.

“Seharusnya, KUR juga ditujukan untuk pelaku usaha mikro yang baru pemula, yang baru berkembang, atau yang baru bangkit dari usahanya yang sempat kolaps. Tapi pada kenyataannya, saat ini KUR hanya ditujukan kepada usaha-usaha yang sehat-sehat saja, yang punya prospek, punya latar belakang (jaminan) dan sebagainya.

BACA  Kembangkan Objek Wisata, Gubernur Serahkan Bantuan Rp 1,1 M ke Pemda Gorut

Kalau begini, sasaran KUR jelas-jelas hanya untuk mencari keuntungan oleh perbankan,” tegas Abdurrahman Wahid, salah satu pemerhati ekonomi ketika berbincang dengan awak koran ini, Kamis (28/4).

Selama ini, pelaku usaha mikro masih sangat sulit untuk mengakses modal perbankan, terutama mereka yang ada di pedesaan. Karena, lanjut Abdurrahman, masih banyak pelaku usaha mikro yang tidak memiliki syarat-syarat yang diinginkan perbankan.

BACA  Wagub Gorontalo Minta Kadis Kesehatan Segera Persiapkan Sarana Vaksinasi Civid-19

Melihat kondisi seperti ini, pria yang akrab disapa Amang ini berharap agar pemerintah bisa menghidupkan lagi koperasi. Menurut dia, dengan koperasi bisa menjangkau para pelaku usaha yang tidak memiliki modal cukup ditengah sulitnya mengakses modal perbankan.

BACA  Gubernur Gorontalo Pastikan Vaksin Siap Digunakan

“Dulu koperasi memiliki peran besar untuk mengangkat derajat ekonomi masyarakat. Sekaranglah saatnya pemerintah untuk menghidupkan kembali koperasi. Minimal dengan suntikan dana,” kata alumnus IAIN Makassar ini.

Koperasi yang dimaksud, lanjut Abdurrahman, adalah koperasi yang betul-betul memiliki integritas dalam membangun ekonomi kerakyatan.(axl/hargo)


Komentar