Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelantikan Kadis Dukcapil Gorontalo Utara Minta Dibatalkan

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Headline Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 10 Oktober 2020 | 04:08 WITA Tag: , ,
  Bupati Gorut, Indra Yasin saat menyerahkan petikan SK pelantikan kepada Kadis Dukcapil Gorut, Sarce Kandouw, usai proses pelantikan pejabat teras dilingkungan Kabupaten Gorut, beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pelantikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Gorontalo Utara (Gorut), Sarce Kandouw minta dibatalkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI). Pasalnya, pelantikan Kadis Dukcapil itu tidak sesuai dengan prosedur.

Informasi yang berhasil dihimpun, berdasarkan ketentuan yang ada, sebelum melantik Kepala Disdukcapil, kepala daerah harus mengusulkan tiga nama ke Mendagri. Nanti setelah Kemendagri mengeluarkan satu nama, baru pelantikan bisa dilakukan.

BACA  Razia Protokol Kesehatan Hingga Pandemi Covid-19 Berakhir

Kabar pelantikan Kepala Disdukcapil Gorontalo Utara harus dibatalkan itu, dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo, Zukri Suratinoyo. Ia mengungkapkan, pelantikan tersebut telah mendapat tanggapan dari Kemendagri melalui surat yang dilayangkan ke Pemkab Gorontalo Utara.

BACA  Sebanyak 3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku

“Pelantikan itu sudah ditanggapi oleh Kemendagri dan diminta kepada bupati untuk membatalkan pelantikan dimaksud. Mungkin sudah ada (Surat permintaan pembatalan) sama pak bupati,” ungkapnya. Jumat (09/10/2020).

Sarce Kandouw sendiri dilantik sebagai Kadis Dukcapil Gorontalo Utara pada 29 September 2020 oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.

Lalu apa tanggapan pihak Pemda Gorontalo Utara? Hingga berita ini disusun, Sekda Gorontalo Utara yang juga Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), Ridwan Yasin, belum memberi tanggapan. Sudah ditelpon sebanyak dua kali, namun tak diangkat. Ketiga kali ditelpon, nomor sudah tak aktif. Sebelumnya juga telah dikirimkan pesan singkat melalui whatsapp, namun hanya dibaca. (rwf/hg)

BACA  Bawaslu Restui Gugatan Penetapan Petahana, Nelson : Ada yang Aneh
Salah satu bukti bahwa berita ini telah diupayakan untuk dikonfoirmasi, namun tak ada jawaban. (Foto: Tangkapan layar)
Salah satu bukti bahwa berita ini telah diupayakan untuk dikonfirmasi, namun tak ada jawaban. (Foto: Tangkapan layar)

 

Riwayat panggilan ke nomor Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, nemun tak ada respon. (Foro: Tangkapan layar)
Riwayat panggilan ke nomor Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, namun tak ada respon. (Foro: Tangkapan layar)

 


Komentar